_
Home / Sumut / 10 Oktober, ISNU Sumut Gelar Seminar Nasional
istimewa

10 Oktober, ISNU Sumut Gelar Seminar Nasional

MEDAN, Waspada.co.id – PW Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) akan menggelar Seminar Nasional bertemakan ‘Evaluasi Publik Penempatan Ruang Ibadah yang Representatif dalam Gedung, Fasilitas Umum, dan Tempat Wisata di Tiara Convention Center Medan, 10 Oktober nanti.

Demikian disampaikan Sekretaris PW ISNU Sumut, Imran Simanjuntak MA, Jumat (4/10). Keynote speaker seminar adalah Prof Dr KH Said Aqil Siradj MA, sedangkan narasumber lainnya Drs H Ahmad Muqowwam, Wagubsu Musa Rajekshah, Ir H Feby Joko Priharto MBA, Dr H Ardiansyah LC MA, dan Drs Ance Selian serta Dr Aswan Jaya M IKomI selaku moderator.

Seminar ini digelar, sebut Imran, karena adanya keresahan dari masyarakat mengingat banyak hotel, gedung pertemuan, tempat wisata, dan fasilitas umum tidak memiliki ruang ibadah yang representatif.

“Kita kerap jumpai ruang ibadah seperti masjid dan musholla yang tidak representatif, padahal itu berada di gedung mewah, hotel bintang lima, tempat pariwisata, dan fasilitas umum,” sebut Imran.

Dosen STAI Samora Kota Pematangsiantar ini juga menjelaskan bahwa keberadaan kantor, hotel, dan fasilitas publik lainnya yang dijadikan tempat ibadah dan pengajian akan menyulitkan negara dalam hal pendataan.

“Yang menjadi kekhawatiran ISNU justru pada pengajian dilakukan profesional dengan materi yang tidak mendasar dan sistematis dalam kajian keislaman. Kelompok profesional ini cendrung berasal dari dasar pemahaman agama yang beraneka ragam. Hingga akhirnya, paham Islam Transnasional, Islam Fundamentalis, dan Islam Radikal mengejawantah dalam pemikiran profesional-profesional ini,” ujar Imran lagi.

“Segmen kampus memiliki pola tersendiri, juga pelajar, dan profesional muda. Ada pola masuk kelompok Islam Transnasional ini. Saat ini, ISNU fokus mengeliminir kehadiran Islam Transnasional melalui kajian-kajian ilmiah, salah satunya seminar nasional mendatang dengan tujuan menghempang Islam Transnasional menuju Islam Moderat rahmatan lil alamin,” demikian Imran. (wol/aa/rls/data1)

Editor AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

PSMS Ingin Tampilkan Permainan Enak Ditonton

MEDAN, Waspada.co.id – PSMS Medan akan menghadapi Penang FA pada perebutan tempat ketiga Edy Rahmayadi ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.