Breaking News
_
Home / Warta / Mancanegara / Tiru “Influencer” Buat Popcorn dalam Kaleng, Gadis 14 Tahun Tewas Terbakar

Tiru “Influencer” Buat Popcorn dalam Kaleng, Gadis 14 Tahun Tewas Terbakar

ZAOZHUANG, Waspada.co.id – Seorang gadis asal China tewas setelah meniru membuat popcorn yang dilihatnya di Yotube. Video pembuatan popcorn itu menggunakan kaleng dan lampu minyak (alkohol).

Zhe Zhe (14), mengalami luka bakar 96 persen setelah alat pembuat popcornnya meledak ketika dia mencoba memasak di rumah bersama sahabatnya, kata ayah Zhe Zhe mengutip Daily Mail, Sabtu (21/9).

Video pembuatan popcorn dengan lampu minyak dibuat oleh Yeah yang telah dilihat lebih dari 100 juta kali saat pertama kali dirilis pada 2017. Video itu diunggah ke berbagai platform video termasuk Youtube.

Yeah telah meminta maaf kepada keluarga Zhe Zhe dan menawarkan untuk memberikan kompensasi kepada mereka atas kematian gadis itu.

Teman Zhe Zhe, Xiao Yu yang berusia 12 tahun, juga terluka dalam kecelakaan di Zaozhuang, sebuah kota di Provinsi Shandong, China timur, pada 22 Agustus 2019.

Dia berkata bahwa dia dan Zhe Zhe meniri proses pembuatan popcorn setelah menonton video Yeah di aplikasi video pendek Tik Tok. Namun alkohol itu meledak setelah mereka menyalakannya, Xiao Yu mengatakan kepada seorang reporter dari Qilu Evening News.

Xiao Yu berkata bahwa dia dan Zhe Zhe terbakar api dan harus lari keluar rumah untuk meminta bantuan. Mereka didengar oleh tetangga yang mengobrol dan sedang bermain kartu. Para tetangga memanggil kakak perempuan Zhe Zhe, yang kemudian memanggil ambulans.

Kedua anak itu dibawa ke Rumah Sakit Kota Zaozhuang. Zhe Zhe menderita luka bakar pada 96 persen tubuhnya dan dirawat di unit perawatan intensif selama dua minggu. Dia meninggal pada 5 September lalu, setelah menderita komplikasi yang disebabkan oleh infeksi serius, kata Qilu Evening News.

Xiao Yu menderita luka bakar pada 13 persen tubuhnya dan masih dirawat di rumah sakit.

Ayah Zhe Zhe, Zhou, mengatakan tidak ada peringatan keamanan dalam video pembuatan popcorn tersebut. Dia berencana untuk menuntut aplikasi video.

Tetapi dia juga mengatakan kepada Pear Video, “Sebagai orang tua, saya memiliki tanggung jawab yang tak terhindarkan.”

Kakak perempuan Zhe Zhe mengatakan keluarganya telah menghabiskan lebih dari 200.000 yuan (sekira Rp 329 juta) untuk menyelamatkan adiknya. Keluarga itu dibantu oleh warganet yang menyumbangkan uang untuk membayar tagihan medis Zhe Zhe melalui kampanye penggalangan dana.

Yeah adalah salah satu blogger video paling populer di China, dan salah satu dari sedikit yang telah menunggah videonya ke YouTube, yang dilarang oleh pemerintah China.

Influencer internet berusia 25 tahun, yang bernama asli Zhou Xiaohui, mulai terkenal setelah memposting klipnya menggunakan peralatan kantor dasar untuk membuat makanan lezat.

Selain membuat popcorn dalam kaleng, dia juga memasak hot pot Cina di dispenser air dan mengadakan pesta teh sore dengan nampan alat tulis.

Yeah telah meminta maaf kepada keluarga Zhe Zhe dan setuju untuk memberikan kompensasi atas masalah ini. Tetapi dia berpendapat bahwa kedua gadis itu tidak menyalin videonya karena mereka menggunakan alat yang berbeda.

Dalam sebuah pernyataan di Weibo seperti Twitter di China, dia juga mengklaim membuat popcorn dengan cara ini bukanlah ide awalnya dan bahwa dia memasukkan peringatan keselamatan dalam videonya.

“Beberapa hari terakhir adalah waktu paling kelam dalam hidupku,” katanya.

“Saya bersedia membayar untuk perawatan Xiao Yu dan melakukan apa pun yang saya bisa untuk keluarga Zhe Zhe,” tambahnya. (okz/data2)

Check Also

“Kesal” Terlalu Ikut Campur Masalah Hong Kong, China Tuding AS Biang Kerok Konflik Dunia

BEIJING, Waspada.co.id – Pemerintah China menuduh Amerika Serikat adalah sumber ketidakstabilan di dunia akibat kebijakannya ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.