_
Home / Medan / Terkait Kericuhan DPRD Sumut, Ini Kata PUSHAM Unimed
Kepala PUSHAM Unimed, Majda El Muhtaj.

Terkait Kericuhan DPRD Sumut, Ini Kata PUSHAM Unimed

MEDAN, Waspada.co.id – Menanggapi unjuk rasa para mahasiswa di sejumlah daerah di Indonesia, termasuk di Medan, hingga berujung kericuhan, kerusuhan, pengerusakan, dan kekerasan, Kepala Pusat Studi Hak Asasi Manusia Universitas Negeri Medan (PUSHAM Unimed), Majda El Muhtaj, menegaskan bahwa kejadian tersebut harusnya tidak perlu terjadi.

“Dengan penuh hormat mengimbau semua elemen mahasiswa dan aparat keamanan agar bisa sama-sama menahan diri serta menghindari sikap emosional, eksesif, dan anarkis dalam penyampaian pendapat,” tuturnya, Jumat (27/9).

Dan aparat kepolisian juga harus mampu menunjukkan kesabaran, profesionalitas untuk merangkul adik-adik mahasiswa dalam dekapan penuh kasih sayang sebagai intelektual muda Indonesia.

“Tetap dalam kerangka menghormati proses penegakan hukum yang berkeadilan dengan menjunjung tinggi HAM,” ucapnya.

Juga meminta aparat penegak hukum agar memberikan kesempatan baik dan mulia kepada mahasiswa untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas diri di masa-masa mendatang.

“Bapak Kapolda Sumut sangat memahami dinamika Sumut dan dengan penuh harap kiranya mampu membuka ruang-ruang penyelesaian dialogis dalam kemitraan positif yang partisipatif dan konstruktif dalam rangka mengayomi adik-adik mahasiswa kita,” jelas, Majda El Muhtaj.

Sementara itu, penahanan 55 mahasiswa yang sebelumnya ditahan terlibat demo rusuh di DPRD Sumatera Utara telah ditangguhkan.

Penangguhan ini dilakukan setelah Kapolda Sumatera Utara bersama unsur-unsur pimpinan kampus atau rektor menggelar pertemuan tertutup di Polrestabes Medan, tadi sore.

Hadir dalam pertemuan tersebut diantaranya Rektor Unimed Dr Syamsul Gultom, Rektor UMSU Dr Agussani, Wakil rektor I USU Prof. Dr. Ir. Rosmayati, Wakil Rektor I Universitas Pancabudi Dr Bakti Alamsyah, Wakil Rektor III UIN Sumut Prof. Dr. Amroeni Drajat, Wakil Rektor III Universitas Medan Area (UMA) Muazul, dan petinggi universitas lainnya.

Kapolda Sumut, Irjen Pol Agus Andrianto, mengatakan dalam pertemuan tersebut mereka sepakat untuk saling berkoordinasi dan sama-sama berpartisipasi untuk memberikan pemahaman kepada para mahasiswa agar saling menjaga kondusifitas. (wol/eko/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Minimalisir Angka Kecelakaan, KAI Sosialisasikan Keselamatan

MEDAN, Waspada.co.id – Peran Serta Masyarakat terhadap Keselamatan Perkeretaapaian sangat dibutuhkan terutama dalam hal mentaati ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.