Rapat dengan DPR, Komnas HAM hingga BNN Minta Tambahan Anggaran 2020

Komisi III DPR rapat dengan Komnas HAM, BNN, LPSK, KPK dan BNPT (Foto: Harits Tryan)

JAKARTA – Komisi III DPR RI menggelar rapat dengan lima mitra kerja terkait. Adapun dalam rapat tersebut membahas apakah ada penambahan anggaran untuk tahun 2020.

Dalam rapat tersebut, sejumlah lembaga seperti Komnas HAM, Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK), Badan Narkotika Nasional (BNN), Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) kompak mengajukan penambahan anggaran. Sementara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tidak mengajukan penambahan anggaran.

Ketua Komisi III DPR RI Azis Syamsudin menuturkan, Komnas HAM meminta penambahan anggaran Rp371 miliar, LPSK masih membutuhkan anggaran Rp101 miliar, BNN membutuhkan Rp459 juta.

“Dari KPK tidak mengajukan penambahan anggaran karena sudah naik di Pagu indikatif K/L, sudah naik 11 persen. LPSK masih membutuhkan kebutuhan Rp101 miliar dan BNPT masih membutuhkan Rp200 miliar.

Komnas HAM masih membutuhkan Rp371 miliar dan BNN Rp459 miliar,” kata Azis di ruang rapat Komisi III, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (2/9/2019).

Atas adanya usulan penambahan pagu anggaran dari empat lembaga tersebut, Aziz mengatakan pihaknya akan segera membahas dalam rapat pleno Komisi III DPR dan di Badan Anggaran DPR.

“Siklus anggaran ini akan kita sampaikan dalam pleno Komisi III, nanti kita hahas dalam pendalaman. Apabila fraksi setuju, fraksi akan mengutus di banggar besar untuk meminta alokasi, nanti jika tidak disepakati akan kembali ke Komisi III, tetapi Komisi III punya hak untuk menyetujui ini,” tuturnya.