_
Home / Warta / Indonesia Hari Ini / Penerbitan Smart SIM Dikhawatirkan Jadi “Ladang” Pungli Baru
Ilustrasi (Foto: Okezone)

Penerbitan Smart SIM Dikhawatirkan Jadi “Ladang” Pungli Baru

JAKARTA – Ketua Presidium Indonesia Traffic Watch (ITW) Edison Siahaan khawatir jika proses penerbitan Surat Izin Mengemudi Pintar alias Smart SIM berpotensi menjadi ‘ladang’ pungutan liar (pungli).

Edison menerangkan, SIM merupakan legitimasi yang diberikan oleh negara kepada warganya sebagai bukti bahwa seseorang telah memiliki kompetensi menggunakan kendaraan bermotor di jalan raya, serta sudah memahami arti keselamatan dirinya maupun orang lain.

Menurutnya, kualitas SIM akan bisa lebih baik apabila para pemiliknya benar-benar sudah memenuhi persyaratan atau memiliki kompetensi seperti apa yang dimaksud dengan tujuan SIM tersebut.

“Sedangkan smart SIM yang diterbitkan oleh Polri tidak ada kaitannya dengan kualitas SIM karena tidak serta merta dapat meningkatkan kualitas pemilik SIM itu sendiri,” kata Edison saat berbincang dengan Okezone di Jakarta, Senin (23/9/2019).

Ia khawatir dan menduga Smart SIM justru berpotensi menjadi ladang pungli baru di pelayanan kantor SIM. “Karena tidak ada yang bisa memastikan atau memberikan garansi penyetoran atau pengisian uang elektronik tidak menjadi persyaratan untuk pemohon SIM,” tuturnya.

“Dengan berbagai alasan, akhirnya pemohon terpaksa lebih dulu menyetorkan dana elektronik, agar permohonan SIM-nya dapat diproses lanjut,” ucap Edison.

Jika dugaan itu terjadi, maka ia menilai peluncuran Smart SIM beraroma bisnis yang dikemas dalam proses pelayanan penerbitannya. Karenanya, ia mengimbau Polri tidak terseret pada praktik tersebut.

“Nah ini sangat jelas beraroma bisnis yang di kemas dalam proses pelayanan penerbitan SIM. Hendaknya Polri tidak terseret dengan praktik bisnis yang potensi menuai kritik bahkan keceman dari publik,” kata dia.

Check Also

Korlantas Polri Bakal Luncurkan Smart SIM

  JAKARTA – Korps Lalu Lintas Kepolisian RI (Korlantas Polri) dalam waktu dekat akan meluncurkan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.