_
Home / Warta / Indonesia Hari Ini / Demo Massa Bubar, Polisi Tetap Berjaga di KPK
Ilustrasi/foto: Antara

Demo Massa Bubar, Polisi Tetap Berjaga di KPK

JAKARTA, Waspada.co.id – Massa yang tergabung dari sejumlah kelompok masyarakat pendukung revisi Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi atau UU KPK mulai membubarkan diri dari Gedung KPK, Jakarta, Sabtu (14/9).

“Teman-teman mari rapatkan barisan, kita kembali pulang ke rumah. Terima kasih, pak polisi,” kata salah satu orator di atas mobil komando.

Mendengar seruan dari orator tersebut, satu per satu peserta mulai beranjak meninggalkan gedung lembaga antirasuah tersebut. Selain massa, mobil komando pun turut menjauh dari lokasi. Sayangnya, aksi dukungan kepada revisi UU KPK itu meninggalkan sampah-sampah plastik bekas makanan dan minuman berserakan di jalanan.

Beberapa kendaraan roda empat dan dua yang melintas cukup tersendat ketika ada di depan Gedung KPK. Beberapa polisi terus berjaga-jaga untuk memastikan tak ada lagi yang berdemo dan sebagian meninggalkan lokasi. Sejumlah kendaraan taktis seperti baracuda dan watercanon pun sudah tidak berada di lokasi.

Sebelumnya, massa yang tergabung ke dalam Aliansi Rakyat Lawan Korupsi, Himpunan Aktivis Milenial Indonesia, dan Solidaritas Mahasiswa Nasionalis menggeruduk Gedung KPK. Mereka menuntut dukungan sikap Presiden Joko Widodo terkait revisi UU KPK usulan DPR.

Lalu, mendorong dilakukan revisi UU KPK memperkuat pemberantasan korupsi di Indonesia. Selanjutnya, mendukung Komisioner KPK yang telah dipilih DPR serta membubarkan Wadah Pegawai KPK yang diduga dipakai untuk kepentingan politik dan calo kasus.

Meski demo bubar, sekitar seratus aparat polisi diterjunkan mengamankan Gedung KPK. Kapolres Jakarta Selatan, Kombes Bastoni Purnama, mengatakan aparat kepolisian tersebut ditugaskan menjaga Kantor KPK.

“Untuk unjuk rasa ini, kita menurunkan sekitar 400 personil. Selanjutnya, malam nanti, ada 100 personil untuk pengamanan,” kata Bastoni. (wol/aa/cnn/data2)

Editor AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Wagubsu: Korupsi Itu Musuh Kita Bersama

JAKARTA, Waspada.co.id – Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu), Musa Rajekshah, menghadiri peringatan Hari Antikorupsi Sedunia ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.