_
Home / Ragam / Kesehatan / 17 Tips Anti Ngantuk Walaupun Tanpa Kafein
ilustrasi (facetofeet.com)

17 Tips Anti Ngantuk Walaupun Tanpa Kafein

Saat menghadapi pekerjaan tiba-tiba kantuk melanda. Saat mengikuti mata kuliah di dalam kelas, rasanya tak kuat menahan kuap. Tentunya rasa kantuk yang muncul di saat-saat seperti ini tak diharapkan.

Lalu bagaimana tips agar tidak ngantuk? Cara termudah adalah mengasup kafein. Namun konsumsi kafein berlebihan juga bisa berdampak negatif terhadap kesehatan.
Berikut ini beberapa tips tidak agar ngantuk yang bisa Anda terapkan mulai sekarang.

Minum Air Putih

Ilustrasi (Foto: Funvilla)

Dehidrasi adalah salah satu penyebab kantuk dan lelah saat bekerja atau belajar. Jadi selama berada di kantor, tetaplah rajin minum air putih sepanjang hari.

Sisihkan Waktu untuk Olahraga Setiap Hari

Ilustrasi (Foto: Nowloss)

Kurangnya energi dapat menjadi alasan kenapa Anda sering mengantuk di siang hari. Olahraga akan meningkatkan sirkulasi darah, sehingga Anda tetap segar dan berenergi. Sempatkan olahraga selama 30 menit setiap hari, kecuali jika dokter Anda menyarankan sebaliknya.

Maksimalkan Istirahat di Malam Hari
Istirahat di malam hari menjadi kunci agar Anda tidak merasakan kantuk di siang hari. Maksimalkan waktu istirahat di saat itu. Pastikan Anda mendapatkan waktu tidur yang cukup dan berkualitas.

Konsumsi Makanan Sehat

Istimewa

Diet yang seimbang dengan makanan sehat dapat menghindarkan Anda dari rasa kantuk di siang hari. Makanlah makanan yang segar, kaya vitamin, mineral, dan serat agar energi terjaga.

Kelola Stres dengan Baik

Ilustrasi

Stres dapat memberikan banyak pengaruh negatif. Salah satunya adalah rasa malas dan mengantuk. Kelola stres Anda dengan baik agar tubuh dan pikiran selalu bersemangat.

Tarik dan Buang Napas Dalam-Dalam
Bernapas dalam-dalam bukan cuma memberi asupan oksigen secara maksimal pada tubuh, tetapi juga menjadikan pikiran lebih tenang. Kerja atau belajar jadi lebih fokus.

Minum Teh

Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

Kalau Anda biasa mengandalkan kafein untuk tetap terjaga, sesekali cobalah menyesap teh yang berkhasiat menyegarkan seperti teh jahe, teh hijau, teh hitam, matcha, dan peppermint tea. Efek kafein teh juga lebih ringan daripada kopi, namun lebih tahan lama.

Hirup Udara Segar
Suasana di dalam kantor yang monoton bisa membuat pikiran jenuh. Akibatnya kantuk mulai terasa. Cobalah keluar sebentar untuk menghirup udara segar.

Turunkan Suhu AC
Tidak banyak orang yang tahu, menurunkan suhu pendingin ruangan bisa membuat kita langsung terjaga. Coba trik ini jika Anda merasakan kantuk yang benar-benar sulit diatasi.

Hindari Makanan Pedas dan Berlemak di Malam Hari

Oseng bakso ceria dan nila kecap pedas (Foto: Instagram)

Hindari konsumsi makanan pedas dan berlemak di malam hari. Makanan seperti ini lebih membutuhkan energi untuk dicerna. Biasanya akan membuat kita merasa lemas.

Jalan-Jalan
Berjalan-jalan bisa menangkal rasa kantuk, kata Chris Repka, Ph.D., seorang profesor kebugaran di Northern Arizona University. Aktivitas fisik dapat meningkatkan denyut jantung, metabolisme, dan aliran darah. Rasa kantuk hilang, tubuh pun kembali segar.

Meditasi 5 Menit

Ilustrasi (foto: Ist)

Gunakan waktu selama lima menit untuk rehat dan menyegarkan pikiran dengan melakukan meditasi. Lakukan latihan pernapasan dengan teknik yoga untuk membantu melancarkan sirkulasi oksigen ke otak dan seluruh tubuh.

Cuci Tangan dan Muka dengan Air Dingin

foto: Istimewa

Mencuci tangan dan muka bisa membuat pikiran dan mata segar dalam waktu singkat. Basahi juga leher Anda jika ingin merasa benar-benar segar.

Konsumsi Sumber Vitamin B
Vitamin B banyak ditemukan di sayuran hijau bisa membantu tubuh mengonversi nutrisi yang Anda makan menjadi energi, menurut Danielle Omar, MS, RDN, seorang ahli diet yang berbasis di Washington, DC. Dengan memenuhi asupan vitamin B yang cukup setiap hari, Anda dapat mengurangi tingkat kelelahan saat bekerja.

Berjemur

Berdiam diri selama 15 menit di bawah sinar matahari dapat membantu melawan kelelahan, menurut sebuah studi di Belanda. Para peneliti menemukan bahwa orang yang menghabiskan lebih banyak waktu di bawah sinar matahari merasa tidak begitu lelah dibanding mereka yang menghabiskan lebih banyak waktu dalam gelap.Ketika mata terkena cahaya alami, kedua indera penglihatan itu akan mengirim sinyal ke bagian otak yang bertanggung jawab untuk menciptakan kewaspadaan.

Berpikir tentang Seseorang yang Dicintai

Berpikir tentang orang yang Anda kasihi dapat memicu reaksi kimia yang meningkatkan kadar gula darah dan pada akhirnya mengakibatkan sentakan energi. Jika Anda merasa ngantuk, tutup mata Anda dan bayangkan kenangan indah bersama orang-orang yang Anda cintai.

Melihat Video atau Gambar Lucu

Menonton atau melihat sesuatu yang lucu dapat meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh dan meningkatkan energi di tubuh Anda. Hal itu diungkapkan oleh para peneliti Jepang.
Demikian tips-tips agar tidak ngantuk yang bisa Anda terapkan. (merdeka)

Check Also

Sabrina: Kesehatan Ibu dan Anak Jadi Prioritas

MEDAN, Waspada.co.id – Pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dan produktif harus didukung implementasi ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.