Jokowi: Situasi Papua Harus Cepat Pulih

foto: Antara

JAKARTA, Waspada.co.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak semua pihak untuk menjaga kondusifitas di Papua dan Papua Barat. Jokowi pun meminta aparat keamanan untuk menindak tegas para pelaku pelanggar hukum.

“Kita bahas mengenai penanganan di Papua dan saya berharap disampaikan jaga keamanan dan jaga ketertiban. Ada aturan keamanan, tindak tegas yang melanggar hukum,” kata Jokowi saat memimpin rapat terbatas (ratas) membahas situasi terkini Papua di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (30/8).

Kepala Negara menegaskan tak ada toleransi bagi perusuh dan pelaku anarkis dalam demo yang berujung pada perusakan fasilitas umum dan kantor pemerintahan itu. Selain itu, Jokowi juga meminta Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian menindak tegas pelaku rasialis baik dari oknum TNI-Polri maupun masyarakat.

“Tak ada toleransi bagi perusuh dan tindakan anarkis dan juga memerintahkan aparat keamanan menindak tegas siapa pun yang melakukan tindakan rasialis dalam bentuk apa pun dan saya dapat laporan hukum dilakukan baik oknum sipil maupun militer yang lakukan tindakan itu,” ujar Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu memerintahkan seluruh jajarannya mempercepat pemulihan situasi keamanan di Papua dan Papua Barat. Kemudian, Jokowi juga meminta Pemda segera memperbaiki sejumlah fasilitas umum yang dirusak massa.

“Saya perintahkan situasi keamanan di Papua dijaga dan segera cepat-cepat dipulihkan. Semua warga negara tanpa terkecuali harus dilindungi harkat dan martabatnya. Fasilitas umumnya segera diperbaiki sehingga aktivitas publik, pemerintahan pulih. Saya percaya warga Papua cinta damai,” katanya. (wol/aa/okz/data2)

Editor AUSTIN TUMENGKOL