Breaking News
_
Home / Warta / Politik / Draft RUU Pemindahan Ibu Kota Bakal Diberikan Akhir Tahun ke DPR
Ibu kota pindah (Shutterstock)

Draft RUU Pemindahan Ibu Kota Bakal Diberikan Akhir Tahun ke DPR

agregasi

 

JAKARTA – Pemerintah bakal menyerahkan draft Rancangan Undang-Undang (RUU) Pemindahan Ibu Kota kepada DPR RI pada akhir tahun 2019. Rencananya ibu kota akan pindah dari Jakarta ke Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara di Kalimantan Timur (Kaltim).

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro menyatakan, draft masih dalam tahap penyusunan dengan melibatkan banyak pihak. Sebab, pemindahan ibu kota memang membutuhkan kajian dengan lintas kementerian.

“Nanti (draft RUU Pemindahan Ibu Kota) akan diajukan, sebelum akhir tahun ini,” kata Bambang ditemui di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (28/8/2019).

Dia menjelaskan, penyusunan draft tersebut setidaknya melibatkan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), hingga Kementerian Hukum dan HAM.

Meski demikian, Bambang enggan merinci progres dari penyusunan draft tersebut. Dirinya hanya menegaskan, draft akan segera diberikan kepada DPR RI.

“Tunggu RUU saja, sabar. Pokoknya sebelum akhir tahun sudah sampaikan ke DPR,” tekannya.

Dengan demikian, jika RUU Pemindahan Ibu Kota bisa rampung di akhir tahun, maka groundbreaking bisa dilaksanakan sesuai target yakni di tahun 2020.

“Kita jalankan terus, baik penyusunan RUU juga persiapan di lapangan,” katanya.

Sebelumnya, Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengaku pihaknya tengah menunggu pemerintah mengirimkan draf Rancangan Undang-undang (RUU) Pemindahan Ibu Kota. Saat ini, DPR baru menerima hasil kajiannya dari pemerintah.

“Kita masih nunggu rancangan UU-nya. Nanti periode depan yang akan membahasnya. Sekarang ini yang kami terima adalah hasil kajian yang disampaikan oleh kami dan mohon untuk beri dukungan,” kata Bamsoet di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (28/8/2019).

Menurutnya, DPR akan mendukung keputusan pemerintah memindahkan ibu kota ke Kaltim, jika memang untuk kepentingan masyarakat. “Pada prinsipnya, kami apapun jauh untuk kepentingan masyarakat pasti kami akan dukung,” ujarnya.

Check Also

MPR/DPR Dipastikan Ikut Pindah ke Ibukota Baru

JAKARTA, Waspada.co.id – Wakil Ketua DPR Fadli Zon memastikan bahwa seluruh aktivitas parlemen MPR/DPR akan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.