Bawa Bendera Bintang Kejora, Mahasiswa Papua di Sumut Tuntut Hapuskan Intimidasi

WOL Photo

MEDAN, Waspada.co.id – Puluhan massa yang tergabung dalam Ikatan Mahasiswa Papua (IMP) Sumatera Utara kembali melakukan aksi unjuk rasa di Jalan Balai Kota, Lapangan Merdeka, Sabtu (31/8).

Unjuk rasa dilakukan atas buntut dari tindak rasisme kepada mahasiswa Papua yang menetap di Kota Surabaya pada Agustus lalu.

Pantauan Waspada Online di lapangan, aksi unjuk rasa dengan berjalan kaki itu, para mahasiswa asal Papua membawa atribut Bendera Bintang Kejora dan memakai pakaian adat sembari meneriakkan “Papua Merdeka, Referendum Yes”.

Dalam orasinya para mahasiswa menyampaikan pesan kepada Presiden Joko Widodo mengenai tidak ada solusi lain menyelesaikan masalah di Papua kecuali referendum.

Selain itu, IMP Sumut meminta agar diberikan hak menentukan nasib sendiri untuk mengakhiri rasisme dan penjajahan di Provinsi Papua Barat.

Sebelumnya, Ketua IMP Sumut, Agustinus Goo, mengatakan aksi yang mereka lakukan ini sebagai bentuk kepedulian mereka terhadap rekan-rekan mereka yang ada di Surabaya dan Malang.

“Ini bentuk rasa solidaritas kita mahasiswa Papua yang ada di Sumut,” katanya saat menyampaikan orasi di Kantor DPRD Sumut.

“Kami prihatin melihat rekan-rekan kami sesama orang Papua yang mendapatkan intimidasi di Surabaya,” pungkasnya. (wol/lvz/ody/data2)

Editor: SASTROY BANGUN