Terkait Pencucian Uang, Anak Tiri Mantan PM Malaysia Dituntut

Riza Aziz, anak tiri mantan perdana menteri Malaysia Najib Razak tiba di pengadilan di Kuala Lumpur, Malaysia, 5 Juli 2019. (Lai Seng Sin/Reuters)

KUALA LUMPUR, Waspada.co.id – Jaksa Malaysia menuntut produser film Hollywood Riza Aziz, yang juga anak tiri mantan perdana menteri Malaysia Najib Razak dengan tindak pidana pencucian uang terkait perusahaan dana investasi negara, 1Malaysia Berhad (1MDB), Reuters melaporkan, Jumat (5/7).

Para jaksa mengajukan lima tuntutan tindak pidana pencucian uang terhadap Riza Aziz, salah satu pendiri rumah produksi film Red Granit Pictures. Red Granit memproduksi film “The Wolf of Wall Street” yang mendapat nominasi Oscar.

Riza mengaku tak bersalah atas seluruh tuntutan

Najib mendirikan 1MDB PADA 2009 dan sekarang menghadapi 42 tuntutan pidana terkait kerugian besar pada perusahaan pengola dana itu dan lembaga negara lainnya. Dia juga mengaku tak bersalah.

Keseluruhan kasus ini pertama kali menjadi perhatian publik setelah pada 2015, Wall Street Journal melaporkan aliran dana sebesar US$700 juta dari 1MDB ke rekening pribadi Najib Razak.
Setidaknya ada enam negara, diantaranya AS, Singapura, dan Swiss yang sedang menyelidiki dugaan korupsi dan pencucian uang 1MDB (voa)