_
Home / Warta / Mancanegara / Sepanjang 2018, MHTC Catat 1,2 Juta Pasien Berobat ke Malaysia
WOL Photo/Eko Kurniawan

Sepanjang 2018, MHTC Catat 1,2 Juta Pasien Berobat ke Malaysia

MEDAN, Waspada.co.id – Sepanjang 2018, Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC) mencatat 1,2 juta pasien dari berbagai dunia berobat ke Malaysia. Angkat tersebut mengalami peningkatan sebesar 14 persen dari tahun sebelumnya.

Pemerintah Malaysia sendiri terus mengembangkan bisnis wisata medis ke pasar internasional. Terkhusus di Indonesia sendiri, Malaysia memiliki pasar yang akan terus ditingkat dalam sektor bisnis kesehatan.

Hingga pertengahan tahun 2019, Warga Negara Indonesia (WNI) yang pergi berobat ke Malaysia mencapai 400 ribu orang. Chief Commercial Officer MHTC, Nik Yazmin Nik Azman, menuturkan sebanyak 400 ribu pasien dari bulan Januari hingga Juni 2019. 400 ribu pasien dengan total belanja biayanya RM 400 hingga RM 500 juta.

WOL Photo/Eko Kurniawan

“Pasien yang berobat di Malaysia berasal dari Jakarta, Surabaya, dan Sumut. Namun, 40-50 persen asal Sumut dari total 400 ribu pasien tahun ini di Indonesia. Malaysia Healthcare menawarkan beragam layanan perawatan dan fasilitas kesehatan berkualitas dunia, seperti kardiologi, bayi tabung, fertilitas, onkologi, dan ortopedi hingga paket perawatan yang terjangkau,” tuturnya, Minggu (21/7).

Selain itu, disebutkan MHTC berada di bawah kawal Kementerian Keuangan dan Kementerian Keehatan. Pihaknya pun datang ke Medan untuk mempromosikan wisata kesehatan di Malaysia. Yazmin mengatakan kerja sama antara Indonesia dan Malaysia di bidang kesehatan sudah terjalin lama.

“Kenapa warga Medan banyak berwisata medis ke Malaysia? Karena menginginkan kualitas yang tinggi dan mencari opsi lain. Karena kesehatan itu, hak segala manusia dan manusia berhak mendapatkan kualitas kesehatan yang sama,” tandas Yazmin. (wol/eko/data1)

Editor AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Punya Kafe Jamu, Rumah Sakit Ini Jadi Destinasi Wisata Kesehatan

Waspada.co.id – Saat ini pemerintah sedang menggalakkan destinasi wisata kesehatan. Bahkan sejumlah tempat telah ditargetkan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.