_
Home / Warta / Politik / Seleksi Capim KPK Diprediksi Rampung Sebelum Pergantian Periode DPR RI
Gedung KPK (Arie/Okezone)

Seleksi Capim KPK Diprediksi Rampung Sebelum Pergantian Periode DPR RI

agregasi

 

JAKARTA – Tim Panitia Seleksi (Pansel) menyatakan 192 dari 376 orang lolos dalam proses seleksi administrasi sebagai Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (Capom KPK) jilid V. Tahapan selanjutnya, pansel akan menyerahkan 10 nama capim KPK ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan kemudian akan dilanjutkan ke Komisi III DPR RI.

Wakil Ketua KPK, Basaria Panjaitan yang juga masuk dalam daftar nama 192 orang yang lolos itu mengamini bahwa akan ada 10 nama yang diserahkan Pansel ke Presiden kemudian dilanjut ke DPR. Dia memprediksi 10 nama yang nantinya lolos seleksi akan digodok oleh DPR RI periode sekarang atau 2014-2019.

“Menurut informasi masih (DPR RI) periode sekarang,” ujar Basaria saat dikonfirmasi awak media di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis 11 Juli 2019 malam.

Mantan Perwira Tinggi (PATI) Polri tersebut optimis akan kembali memimpin lembaga antirasuah jilid V. Namun, dia menyerahkan sepenuhnya hasil dari proses seleksi kepada tim pansel.

“Optimis, masalah hasilnya kita lihat saja,” kata Basaria.

Secara terpisah, anggota Pansel Capim KPK jilid V, Marcus Priyo Gunarto mengatakan, pihaknya akan menyerahkan sejumlah nama untuk nantinya diserahkan kepada Jokowi setelah itu dilakukan fit and proper test oleh DPR RI.

“Kalau itu (fit and proper test oleh DPR RI) tergantung Presiden kapan menyerahkannya, tetapi Pansel berusaha awal September diserahkan ke Presiden,” kata Marcus.

Atas dasar itulah, Marcus menegaskan bahwa pihaknya akan menyerahkan nama-nama itu pada bulan September tahun ini. Dengan harapan, fit and propertise dapat diselesaikan oleh Komisi III DPR priode sekarang.

“Itu lah mengapa kita serahkan ke Presiden awal September, biar nanti Presiden yang pilih,” demikian Marcus.

Check Also

Imam Nahrawi Bawa Secarik Kertas Usai Diperiksa KPK, Ini Tulisannya

JAKARTA , Waspada.co.id– Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi rampung menjalani pemeriksaan penyidik ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.