Breaking News
_
Home / Pemilu / Pidato “Visi Indonesia” Jokowi Tidak Singgung Isu Hukum, Ini Penjelasan TKN
Arsul Sani. (foto: teropongsenayan)

Pidato “Visi Indonesia” Jokowi Tidak Singgung Isu Hukum, Ini Penjelasan TKN

agregasi

 

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak membahas isu penegakan hukum dan hak asasi manusia (HAM) dalam pidato “Visi Indonesia” pada Minggu, 14 Juli 2019.

Dalam pidatonya, Jokowi fokus pada ima poin, yaitu pembangunan infrastruktur, sumber daya manusia (SDM), investasi asing untuk lapangan pekerjaan, reformasi birokrasi, hingga efisiensi APBN.

Menurut Wakil Ketua TKN Jokowi-Ma’ruf Amin, Arsul Sani, pidato Jokowi kemarin memang diproyeksikan untuk waktu yang tidak terlalu panjang sesuai dengan susunan acara. Dengan waktunya yang terbatas itu, menurutnya, tidak mungkin semua isu disampaikan Jokowi dalam pidatonya.

“Pidato Pak Jokowi itu memang dijadwalkan tidak untuk panjang lebar berjam-jam. Dalam rundown yang disusun, itu memang pidato Pak Jokowi ada di kisaran 30-40 menit. Tentu tidak mungkin semua hal disampaikan,” ujar Arsul di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (15/7/2019).

Karena waktu yang singkat, Jokowi pun menyampaikan topik yang dianggap menarik untuk disampaikan, seperti pembangunan SDM dan meneruskan pembangunan infrastruktur.

“Menarik dalam artian begini loh. Kan pembangunan SDM itu adalah shifting yang paling besar. Beliau ingin sampaikan dari yang pemerintahan pertama fokus kepada pembangunan infrastruktur,” ujar Arsul.

Kendati demikian, Sekjen PPP ini meyakini Jokowi tidak akan melupakan penegakan hukum dan HAM di periode kedua nanti, walaupun tidak dibahas dalam pidato “Visi Indonesia”.

“Bahwa hal-hal yang masih merupakan PR (pekerjaan rumah) ya terkait dengan penegakan hukum, penyelesaian kasus HAM berat, itu saya kira tidak akan terabaikan,” tutur Arsul.

Check Also

Berkas Dinyatakan P21, Kivlan Zen Diserahkan ke Kejaksaan

JAKARTA, Waspada.co.id – Polda Metro Jaya menyerahkan tersangka kasus dugaan kepemilikan senjata api ilegal Kivlan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.