2 Warga Malaysia Selundupkan 6 Kg Sabu Jalur Laut

WOL Photo

MEDAN, Waspada.co.id – Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sumatera Utara, meringkus dua orang warga Malaysia terbukti menyelundupkan narkoba jenis sabu seberat 6 kg sabu melalui jalur laut.

Kedua warga Malaysia yang ditangkap berinisial YBL (55) dan OCP (56) diamankan di tengah Laut Perairan Utara Gesong, Siguragura, Serdang Bedagai.

Kepala BNNP Sumut, Brigjen Pol Atrial, Selasa (9/7), mengatakan kedua warga negara asing itu ditangkap saat sedang membawa 6 kg sabu dengan menggunakan speedboat. Sabu itu rencananya akan diserahkan ke seorang warga negara Indonesia di perairan itu.

“Sabu itu dibawa kedua pelaku dari Pantai Kuala Kurau Perak Malaysia atas perintah MR X yang berada di sana,” katanya.

Dari hasil pengembangan, Atrial menuturkan petugas kembali mengamankan 3 warga Sumut yang merupakan pemesan barang haram itu.

Advertisement

Ternyata barang haram itu diterima oleh AV di sebuah penginapan Jalan Sei Tuan. Kemudian tersangka AV mengaku diperintah oleh SR untuk mengambil narkoba tersebut.

“Dia mengaku diupah satu juta rupiah perbungkus untuk mengambil sabu itu,” sebutnya.

Tak lama, istri AV datang ke penginapan itu. Wanita berinisial RS itu pun dicokok petugas karena diduga bermufakat dalam kasus ini. RS mengaku disuruh SR datang ke penginapan itu.

Setelah penangkapan suami istri itu, petugas melakukan pengembangan dan penangkapan terhadap RS (29) di lobi hotel di kawasan Jalan Danau Toba.

“Dia mengakui menyuruh AV dengan imbalan. Dia juga mengaku barang itu milik P yang saat ini masih diburu,” sebutnya.

Atas perbuatannya para tersangka dijerat dengan Pasal 114 (2) Pasal 112 (2), Pasal 132 UU RI Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika. Ancaman maksimal hukuman mati,” pungkas Atrial.(wol/lvz/data2)

Editor: SASTROY BANGUN