Usai Bubar, Koalisi Prabowo Bentuk Forum Kaukus sebagai Wadah Komunikasi Politik

Koalisi Prabowo Dibubarkan (Foto: Muhamad Rizky/Okezone)

JAKARTA – Partai politik Koalisi Indonesia Adil Makmur Prabowo-Sandi secara resmi telah selesai atau dibubarkan. Pembubaran itu disepakati setelah lima petinggi partai koalisi yakni Gerindra, PAN, Demokrat, PKS, dan Berkarya melakukan pertemuan di kediaman Prabowo untuk membahas kelanjutan koalisi tersebut.

Sekretaris Jenderal Partai Gerindra, Ahmad Muzani menuturkan dalam pertemuan itu Prabowo menyetujui bahwa koalisi yang dibangun selesai dan mengembalikan mandat kepada masing-masing parpol untuk menentukn arah politiknya.

Kendati demikian dalam pertemuan itu lanjutnya ada wacana pembentukan forum komunikasi politik antara parpol koalisi guna menindak lanjuti perjuangan politik kedepan.

“Maka disepakati lah kita harus terus menerus memelihara sebuah komunikasi dalam sebuah forum meskipun itu informal. Yakni Coffee morning atau kaukus yang akan terus menjadi forum bagi komunikasi bagi partai-partai yang pernah mengusung pasangan Prabowo-Sandi termasuk para relawan yang pernah mendukung Prabowo-Sandi,” kata Muzani di Media Center Prabowo-Sandi, Jumat (28/6/2019).

Sebab lanjutnya, dalam pertenuan tersebut pihaknya merasa bahwa perjuangan belum berakhir meski koalisi telah selesai. Prabowo mengatakan masih ada perjuangan seperti kerjasama politik yang bisa dibangun dalam koalisi parpol yang sudah dibangun itu.

“Beliau misalnya mengatakan bagaimana kerjasama di bidang parlemen dan kerja sama dalam forum politik lainnya yang dimungkinkan kita harus bersatu dalam sebuah kepentingan bersama,” tukasnya.