_
Home / Ragam / Tingkatkan Keamanan Pelayaran Bagi Wisatawan di Danau Toba, Ini Yang Dilakukan Kemenhub
WOL Photo

Tingkatkan Keamanan Pelayaran Bagi Wisatawan di Danau Toba, Ini Yang Dilakukan Kemenhub

Waspada.co.id – Sebagai upaya meningkatkan keselamatan pelayaran di Danau Toba, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menurunkan tim khusus untuk mengawasi kegiatan pelayaran kapal-kapal yang beroperasi di kawasan Danau Toba, Sumatera Utara.

Tim khusus tersebut akan mengawasi jalannya pelayaran mulai dari jumlah manifes penumpang hingga surat kelengkapan yang dimiliki oleh kapal.

Dalam siaran persnya, Budi Karya menjelaskan bahwa pihaknya telah menugaskan tim khusus untuk memastikan keselamatan pelayaran di Danau Toba, Kamis (6/6).

“Tim khusus Kemenhub tersebut bernama Tim Pemantauan Transportasi Penyebrangan di Danau Toba dan Tim dipimpin langsung Staf Ahli Menteri Perhubungan Bidang Hukum dan Reformasi Birokrasi Kemenhub Umar Rais,” Ujar Budi Karya.

Kapala Biro Komunikasi dan Informasi Publik, Hengki Angkasawan menambahkan ada beberapa hal yang menjadi perhatian utama aspek keselamatan diantaranya memastikan manifes penumpang sesuai, kelengkapan surat nakhoda dan awak kapal, hingga memastikan adanya alat keselamatan.

“Kita memastikan jumlah manifes tidak melebihi kapasitas yang ditentukan sekaligus mengecek kelengkapan surat atau buku pelaut yang dimiliki nakhoda dan awak kapal serta melihat kelengkapan keselamatan di atas kapal seperti pelampung,” ujar Hengki Angkasawan.

Selain itu, Kemenhub juga mengajak Bupati setempat dan pemerintah daerah untuk ikut serta memperhatikan dan mengawasi aspek keselamatan pelayaran yang menjadi perhatian Kemenhub tersebut. Terutama pada musim libur seperti Idul Fitri dan hari-hari besar lainnya, transportasi penyeberangan di Danau Toba selalu dipadati para pemudik maupun wisatawan lokal.

“Untuk mendukung pelayanan transportasi penyeberangan yang berkeselamatan di Danau Toba, Kemenhub sudah menyiapkan Kapal Motor Penyeberangan (KMP) sebanyak lima unit. Kelima KMP itu, adalah KMP Tao Toba I dengan melayani rute Ajibata-Tomok, KMP Tao Toba II rute Ajibata-Tomok, KMP Ihan Batak rute Ajibata-Ambarita, KMP Sumut I rute Tigaras-Simanindo, dan KMP Sumut II dengan Rute Tigaras-Simando,” ungkap Hengki. (rls/wol/Ega/data1)

Check Also

Tiket Mahal Sulit Tingkatkan Jumlah Wisatawan ke Danau Toba

MEDAN, Waspada.co.id – Sulit untuk meningkatkan jumlah wisawatan domestik dan internasional datang ke kawasan Danau ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.