_
Home / Sumut / Polri Watch Apresiasi Penangkapan Anggota DPRD Sergai
WOL Photo

Polri Watch Apresiasi Penangkapan Anggota DPRD Sergai

MEDAN, Waspada.co.id – Oknum Anggota DPRD Serdang Bedagai (Sergai) Togar Situmorang beberapa waktu lalu ditangkap Polres Sergai karena terkait dalam jaringan penipuan senilai ratusan juta rupiah terhadap seorang pengusaha.

Togar sendiri diketahui menjadi Anggota DPRD Sergai dari partai penguasa, PDI Perjuangan. Ia diketahi pula menjabat sebagai Bendahara di Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai PDI Perjuangan Sergai.

Polda Sumut lantas menegaskan penyidikan Polres Sergai terhadap Togar tidak akan suam-suam kuku. Sesuai ketentuan hukum yang berlaku, meski yang bersangkutan menjabat anggota DPRD Serdang Bedagai (Sergai), penegakan hukum akan tetap tegas.

Menurut Kabid Humas Polda Sumut, melalui Karo Penmas AKBP MP Nainggolan, pelaku dipersangkakan pasal 378 dan 372 KUHPidana dan ditahan di Rutan Mapolres Sergai.

“Tidak ada tebang pilih. Semua sama di mata hukum. Setiap pelaku tindak pidana akan diproses sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” katanya, Selasa (18/6).

Diketahui Togar ditangkap sesuai Laporan Polisi (LP) No: 147/IV/2019/SU/RES Sergai tanggal 25 April 2019. Ia diduga melakukan tindak pidana pidana penipuan dan penggelapan uang senilai Rp 280 juta milik korban Sugito.

Dugaan penipuan dan penggelapan itu terjadi pada Desember 2018 di Dusun III, Desa Sei Buluh Estate, Kecamatan Sei Bamban, Sergai. Ia mulai ditahan pada 11 Juni 2019 lalu.

Togar diringkus karena tak kunjung memenuhi panggilan polisi. Informasi yang beredar menyebutkan, para korban dijanjikan sejumlah proyek asalkan memberikan uang senilai ratusan juta rupiah. Kasus ini kemudian dilaporkan para korban ke polisi.

Direktur Eksekutif Polri Watch Abdul Salam Karim menyambut baik ketegasan polisi yang telah menangkap Togar Situmorang atas kasus dugaan penipuan tersebut. Begitupun, ia meminta agar di tengah perjalanan penyelidikan kasusnya dilanjutkan.karena disinyalir togar tidak sendiri ada oknum lain yg membantu nya melakukan perbuatan pidana tersebut.

“Manalah mungkin dia sendiri pasti ada yg lainnya. Harapan kita penegakan hukum benar-benar dilakukan. Jadi jangan panas-panas di awal belakangan mulai dingin,” sebutnya.

Ia menyebut modus-modus serupa sebenarnya sudah jadi rahasia umum. Tak mau menuding secara kelembagaan, menurutnya masih oknum-oknum di legislatif yang berperan menjadi makelar proyek dengan bekerjasama dengan oknum di eksekutif.

“Saya harap tak cuma satu kasus ini saja yang bisa diungkap polisi. Masih banyak kasus-kasus serupa lainnya terjadi bukan hanya di DPRD Sergai tapi juga di gedung-gedung dewan lainnya,” beber pria yang juga akrab disapa Salum ini.

Tegas Salum mengatakan akan turut mengawal perjalanan kasus penipuan yang membelit Togar Situmorang ini. “Mari kita bersama-sama mengawal bagaimana proses penyelidikannya. Jangan terhenti di tengah jalan dengan dalih-dalih apapun. Harus ada tindakan tegas, apalagi dia itu oknum Anggota Dewan,” pungkasnya. (wol/rls/data1)

Editor: Austin Tumengkol

Check Also

Jokowi Diminta Turun Tangan Terkait Keputusan Gibran Maju di Pilwalkot Solo

  SOLO – Sinyal maju Pilwalkot yang dikirimkan putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.