_
Home / Irsal Fikri Dorong Pemko Serius Tanggulangi Penyebaran HIV/AIDS
WOL Photo/mrz

Irsal Fikri Dorong Pemko Serius Tanggulangi Penyebaran HIV/AIDS

MEDAN, Waspada.co.id – Pemerintah Kota (Pemko) dinilai lemah untuk lakukan penanggulangan Human Immuno Deficiency Virus/Acquired Immuno Deficiency Syndrome (HIV/AIDS).

Pasalnya, setiap tahun justru angka pengidap HIV/AIDS semakin bertambah. Bahkan, hingga 2018 jumlah kasus pengidap HIV/ AIDS di Kota Medan mencapai 6.078 kasus. Di mana 1.116 di antaranya meninggal dunia.

Hal tersebut disampaikan anggota DPRD Medan, Irsal Fikri, saat melaksanakan Sosialisasi ke-XI Peraturan Daerah Nomor 1 tahun 2012 tentang Penanggulan HIV/AIDS yang digelar di Jalan Sakti Lubis Gang Stasiun, Kelurahan Kampung Baru Kecamatan Medan Maimun, Minggu (30/6).

“Jadi, buat apa ada perda yang telah dibuat, toh tidak diterapkan secara maksimal. Hasilnya, angka pengidap HIV/AIDS di Medan bukannya malah turun malah makin bertambah,” tegasnya.

Politisi PPP ini menyebut, Pemko Medan jangan hanya lip service soal penanggulangan HIV/AIDS di Kota Medan. “Sebab, jika dijalankan secara maksimal, angka pengidap HIV/AIDS diyakini akan berkurang,” katanya.

Kenapa makin bertambah, lanjut anggota Komisi II itu, ini akibat lemahnya sistem pengawasan Pemko Medan terhadap tempat hiburan malam dan lokasi prostitusi lainnya di Medan. “Buktinya, masih banyak tempat hiburan malam di Medan yang diduga menjadi lokasi peredaran narkoba dan dijadikan lokasi prostitusi,” imbuhnya.

Masih dalam kesempatan itu, Irsal menyebutkan berdasarkan data dari Dinkes Medan, di Medan jumlah pengidap HIV/AIDS kebanyakan berjenis kelamin laki-laki dengan kumulatif data sepanjang 2006 hingga 2018 mencapai jumlah 4.444 orang. Sedangkan perempuan berjumlah 1.338 orang. “Penderitanya yang paling besar yakni di usia 15-19 tahun dengan jumlah penderita sebanyak 2.954 orang,” bebernya.

Untuk itu, Irsal mendorong Pemko Medan untuk membuat tim konseling HIV/AIDS hingga ke kelurahan. “Diharapkan dengan terbentuknya tim tersebut, masyarakat akan lebih mengetahui dan faham untuk pencegahan dan mengurangi penularan dan dampaknya serta meningkatnya kualitas hidup Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA),” pungkasnya.(wol/mrz/data2)

Editor: Agus Utama

Check Also

Kabar Gembira! Ternyata Kulit Ayam Bisa Kurangi Tekanan Darah Tinggi

MUNGKIN bagi sebagian orang, kulit ayam adalah makanan favorit mereka. Meskipun, banyak kabar miring tentang ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.