Ini Museum yang Diimpikan Ani Yudhoyono

Ani Yudhoyono dan SBY (Ig)
agregasi

 

JAKARTA – Permintaan almarhumah Ani Yudhoyono ingin memiliki museum dan galeri untuk menyimpan berbagai macam barang-barang koleksi pribadinya di Pacitan, Jawa Timur.

“Ibu Ani itu ingin sekali punya museum berdua sama bapak. Museum SBY dan Gallery Ani. Karena ibu kan selama 10 tahun menjadi Ibu Negara banyak sekali koleksi-koleksi beliau khususnya kain tradisional Indonesia,” ungkap sang mantu, Annisa Pohan, Jakarta.

Ani Yudhoyono ingin sekali museum dan galerinya tersebut memajang semua barang koleksi pribadinya. Sehingga bisa menjadi informasi atau pendidikan kepada masyarakat.

“Ibu sedang membuat semacam itu, kita nyebutnya jungle gitu, di situ tempat kita bercocok tanam,” imbuhnya.

Menurut dia, sebenarnya saat ini museum dan galeri tersebut sudah dalam proses pembuatan. Apalagi, Presiden keenam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan almarhumah Ani Yudhoyono memang punya cita-cita ingin memiliki museum SBY dan Galeri ani.

“Di situ akan menampilkan karya-karya atau apapun yang telah dilakukan oleh Bapak SBY selama mejabat selama sepuluh tahun dan Ibu Ani sebagai Ibu Negara sepuluh tahun akan memamerkan apa-apa saja yang sudah mereka kerjakan di situ,” lanjutnya.

“Di galeri ibu ingin memajang kain-kain tradisional koleksinya. Itu untuk tujuan untuk bisa menjadikan edukasi kepada masyarakat Indonesia. Itu sedang kita proses pembuatannya di Pacitan. Tanahnya sudah ada tinggal bangun. Tapi, memang kadarullahnya ibu tidak bisa melihat itu sejak dibangun sampai jadi. Tapi, itu salah satu cita-citanya yang akan diteruskan oleh kami anak-anaknya, mewujudkan untuk ibu,” tandasnya.