_
Home / Medan / DPRD: Perda Persampahan Hanya Pajangan, Pemko Medan Kurang Peka
WOL Photo

DPRD: Perda Persampahan Hanya Pajangan, Pemko Medan Kurang Peka

MEDAN, Waspada.co.id – Anggota DPRD Medan Irsal Fikri menilai Dinas Lingkungan Hidup Kota Medan tidak memiliki terobosan untuk mengelola sampah domestik yang dihasilkan dari rumah tangga, hotel, restauran hingga tempat usaha kuliner.

Pasalnya, masih banyak warga di 21 kecamatan ini yang mengetahui bahwa sampah-sampah mereka bisa dikelola dan menghasilkan nilai tambah untuk meningkatkan taraf ekonomi.

“Harusnya Dinas/Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Medan aktif memberikan eduksi kepada masyarakat tentang tata cara mengolah limbah yang mereka hasilkan menjadi nilai tambah. Bukan semata-mata dikumpulkan dan lalu dibuang ke tempat penampungan sampah,” ucapnya usai menggelar sosialisasi Perda Kota Medan ke-X, Perda 6/2015 tentang Pengelolaan Persampahan di Jalan STM Ujung Kelurahan Sukamaju Kecamatan Medan Johor, Selasa (18/6) sore kemarin.

Anggota Komisi II DPRD Medan ini menyayangkan kalau seluruh Perda yang telah disahkan kedua lembaga (eksekutif dan legislatif) hanya sebagai pajangan di rak buku Bagian Hukum Setdako Medan maupun perpustakaan Kota Medan, jika tidak dukung dengan terbitnya Peraturan Wali Kota (Perwal) dan gencarnya menyadarkan masyarakat akan pentingnya hidup sehat.

“Tujuan perda ini yang sesungguhnya adalah harus mampu menciptakan, menghadirkan kesadaran kolektif. Dengan itu, maka persoalan sampah di Medan bisa dituntaskan,” ujarnya.

Lebih lanjut politisi PPP ini menyebut, dalam Perda persampahan tersebut mengatur sanksi atau hukum terhadap mereka yang melanggar baik perorangan maupun badan atau lembaga.

Apabila perorangan atau masyarakat kedapatan membuang sampah sembarangan, maka sanksinya kurungan penjaran 3 bulan dan denda Rp10 juta. Sedangkan lembaga atau perusahaan yang buat kesalahan itu, kurungan penjara 6 bulan dan denda Rp50 juta.

“Ada yang mau dikenakan sanksi itu? Jawabannya pasti tentu tidak. Makanya, perlu komitmen dalam penerapan perda itu agar berjalan maksimal,” tuturnya seraya mengimbau masyarakat untuk sama-sama menjadikan Medan Bersih dengan tidak membuang sampah sembarangan. (wol/mrz/data1)

Editor: Agus Utama

Check Also

Terkait Dana Desa/Kelurahan, DPRD Akan Panggil Kabag Tapem dan Hukum

MEDAN, Waspada.co.id – Ketua Komisi I DPRD Medan, Rudiyanto Simangunsong, mengapresiasi semua pihak yang telah ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.