Tuntut Revisi PP Pengupahan, Ratusan Buruh Longmarch Menuju Istana Negara

Ratusan buruh longmarch menuju Istana Negara (Foto: Sarah Hutagaol/Okezone)

JAKARTA – Ratusan buruh dari Kesatuan Serikat Pekerja Nasional (KSPN) menggelar demonstrasi tepat pada Hari Buruh yang jatuh setiap 1 Mei. Aksi mereka pun dilakukan di depan Pintu Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat.

Dalam aksinya, para buruh membawa sejumlah spanduk besar, dan bendera. Pada spanduk tersebut dituliskan “May Day No Politics”, dan juga terdapat beberapa hal siap mereka suarakan.

Poin tuntutan mereka ialah mendesak pemerintah meningkatkan pelayanan dan manfaat BPJS, revisi PP Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan, menegakkan hukum ketenagakerjaan secara konsisten, dan memperbaiki perundang-undangan terkait ketenagakerjaan.

Buruh Longmarch

Sebelum memulai demo, orator yang berdiri di atas mobil orasi sempat menyeruakan agar para buruh menggelar aksi dengan damai, dan tidak terprovokasi oleh pihak manapun.

“Ini adaah aksi damai, jika kalian melihat orang-orang yang tidak kalian kenal dalam barisan, silakan lapor ke korlap masing-masing,” terial sang orator.

Tepat pada pukul 10.10 WIB mereka pun mulai meninggalkan tempat, dan melanjutkan aksi dengan berjalan kaki (longmarch) bersama-sama menuju Istana Negara. Pada saat itu pula, terlihat beberap pihak kepolisian mengatur jalannya lalu lintas yang masih bisa dilewati oleh beberapa kendaraan umum dan pribadi.