Breaking News
_
Home / Warta / Indonesia Hari Ini / Sofyan Basir Sedang di Prancis saat Ditetapkan Jadi Tersangka Suap
Sofyan Basir (Foto: Heru Haryono/Okezone)

Sofyan Basir Sedang di Prancis saat Ditetapkan Jadi Tersangka Suap

JAKARTA – Direktur Utama (Dirut) PT PLN Sofyan Basir sedang berada di Prancis ketika resmi ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam kasus dugaan suap proyek PLTU Riau-1. Ia ditetapkan sebagai tersangka pada Selasa 23 April 2019.

Pengacara Sofyan, Soesilo Ariwibowo mengungkapkan, kliennya itu sedang berada di Negara yang terkenal dengan Landmark Menara Eiffel itu dalam rangka tugas. “Betul ada di Prancis dalam rangka pekerjaan,” kata Soesilo saat dikonfirmasi, Jakarta, Rabu (24/4/2019).

Kendati begitu, Soesilo tidak mengetahui secara pasti kapan kliennya akan kembali ke Tanah Air. “Untuk pulangnya saya belum dapat info,” ujar dia.

Dalam perkara ini, Sofyan Basir diduga telah menerima jatah yang sama dengan terpidana Eni Maulani Saragih dan Idrus Marham dari Johannes Kotjo. Berdasarkan dari fakta persidangan yang muncul, Eni Maulani Saragih dan Idrus Marham, kedua orang itu mendapatkan jatah senilai Rp2,250 miliar.

Pemberian uang tersebut ditenggarai bermuara pada kesepakatan kontrak kerja sama pembangunan PLTU Riau-l. Hal tersebut juga diperkuat dengan adanya fakta-fakta persidangan yang muncul dari terpidana lainnya.

Atas perbuatannya Sofyan disangka melanggar Pasal 12 huruf (a) atau (b) atau Pasal 11 Undang-Undang Nomor 31 tahun 1999 sebagaimana diubah Undang-Undang Nomor 20 tahun 2001 tentang Tindak Pidana Korupsi Juncto Pasal 55 Ayat (1) ke-1 Pasal 56 Ayat (2) Juncto Pasal 64 Ayat (1) KUHP.

Check Also

PDIP Sebut Kasus Komisioner KPU Bukan Kategori OTT

JAKARTA, Waspada.co.id – Koordinator Tim Hukum DPP PDI Perjuangan Teguh Samudera menyebut penangkapan para tersangka ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.