_
Home / Warta / Mancanegara / Enam Hari Listrik Padam di Venezuela, 24 Pasien RS Meninggal Dunia
Caracas, ibukota Venezuela kena imbas pemadaman massal. (NY Times)

Enam Hari Listrik Padam di Venezuela, 24 Pasien RS Meninggal Dunia

CARACAS, Waspada.co.id – Pemadaman listrik hari keenam di Venezuela, rumah sakit berjuang menjaga peralatan tetap berjalan. Lalu makanan mulai membusuk di cuaca yang panas, dan ekspor dari terminal minyak utama negara itu ditutup.

Julio Castro, dari organisasi kesehatan nonpemerintah mengatakan di Twitter pada Senin (11/3) malam, 24 orang telah meninggal di rumah sakit umum sejak dimulainya pemadaman listrik. Ia menyebut pemadaman listrik kemungkinan memperburuk kondisi medis yang ada, tetapi tidak secara langsung menghubungkan kematian dengan pemadaman.

Pemimpin Oposisi, Juan Guaido bergabung dengan serangkaian demonstrasi oposisi kecil di sekitar Caracas pada Selasa sore. Mereka memprotes pemadaman listrik di mana ia mengejek penyelidikan jaksa.

“Jadi lelaki itu keluar dan mengatakan kita bersalah atas sabotase yang seharusnya ketika semua Venezuela tahu, ketika seluruh dunia tahu, siapa penyabot sebenarnya. Saya akan menyebut namanya, Maduro!” katanya sambil berteriak.

Menurut saksi mata dan media sosial, listrik telah pulih di banyak bagian negara itu pada Selasa. Beberapa daerah yang tidak memiliki listrik sejak Kamis pekan lalu, juga sudah menyala.

Tetapi listrik masih padam di beberapa bagian ibu kota Caracas, dan wilayah barat dekat perbatasan dengan Kolombia.

Menteri Informasi Jorge Rodriguez mengatakan, listrik telah dipulihkan di sebagian besar negara itu. “Kami sedang mengonsolidasikan kemenangan rakyat Venezuela atas serangan ini,” kata Rodriguez.

Para ahli menyatakan kepada Reuters, Pemadaman itu kemungkinan disebabkan oleh masalah teknis dengan jalur transmisi yang menghubungkan pembangkit listrik tenaga air Guri di Venezuela tenggara dengan jaringan listrik nasional. (rtr/data2)

Check Also

Gubsu: Jangan Ada Lagi Pemadaman Listrik

JAKARTA, Waspada.co.id – Terkait pemadaman listrik yang terjadi di beberapa wilayah di Sumatera Utara (Sumut), ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.