_
Home / Warta / Ekonomi dan Bisnis / 2019-2024 Harga Rumah FLPP Harus Maksimal
foto: Wakil Ketua Umum Kadin Sumatera Utara Bidang Infrastruktur dan Properti, Tomi Wistan.

2019-2024 Harga Rumah FLPP Harus Maksimal

MEDAN, Waspada.co.id – Untuk tahun 2019-2024, Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia (Kemen PUPR) didesak segera menetapkan harga maksimal rumah Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) untuk 2019-2024.

“Harga rumah FLPP untuk 2019 belum dikeluarkan oleh pemerintah. Dan saat ini, sejumlah pengembang menjual properti dengan harga maksimal Rp130 juta per unit. Hal tersebut mengingat rata-rata harga tanah terus naik setiap tahunnya,” tutur Wakil Ketua Umum Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Sumatera Utara Bidang Infrastruktur dan Properti, Tomi Wistan, Rabu (13/3).

Karena memang per Maret penjualan properti ini cukup baik, tetapi sebagian pengembang menunda karena harga belum keluar. Begitupun, sejumlah pengembang juga ada yang menjual meski rata-rata mendapatkan keuntungan yang lebih tipis.

“Saya lihat kebanyakan pengembang menjual harga dengan harga lama. Maka kita berharap kebijakan penetapan harga maksimal untuk rumah FLPP segera dikeluarkan,” katanya.

Dan asosiasi pengembang berharap pemerintah agar segera bisa menyediakan dan menetapkan harga maksimal rumah FLPP untuk tahun 2019-2024. Masing-masing asosiasi mengusulkan untuk menaikkan harga maksimal rumah FLPP di atas 5 persen atau sekitar 7,5 dan 10 persen.

“Kalau melihat pertumbuhan harga tanah setiap tahun, harga maksimal rumah FLPP pantasnya naik sekitar 7,5 persen. Kalau hanya 5 persen, inflasi kita saja sudah diangka itu tetapi berbeda lagi jika inflasi kita rendah, kita berharap Pemerintah bisa merealisasikan hal tersebut,” pungkas Tomi.(wol/eko/data1)
Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Cari Rumah? Ini 5 Cara Pilih Property Terpecaya

Waspada.co.id – Sedang Cari Rumah? begini lima cara pilih pengembang atau property terpercaya dijamin bikin ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.