_
Home / Sumut / Wagubsu: Museum Negeri Perlu Renovasi dan Pembenahan
foto: Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu

Wagubsu: Museum Negeri Perlu Renovasi dan Pembenahan

MEDAN, Waspada.co.id – Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu), Musa Rajekshah, mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) perlu segera merenovasi dan membenahi Museum Negeri Sumut.

“Memang museum yang sudah ada ini sudah baik, bahkan pernah dinobatkan menjadi museum terbaik se-Indonesia pada tahun 2015. Tetapi tentu perlu kita tingkatkan lagi, khususnya dari segi koleksi, interior, penyajian informasi, dan lainnya. Sehingga lebih menarik dan makin banyak pengunjung lokal maupun luar,” ujar Wagubsu di Museum Negeri Sumut, Jalan HM Joni Medan, Kamis (21/2).

Wagubsu yang juga akrab disapa dengan Ijeck menilai bahwa selama ini banyak masyarakat beranggapan museum terkesan membosankan dan kaku. Hal ini menjadi salah satu pengaruh yang mengurangi minat masyarakat datang berkunjung. Padahal, menurut Ijeck, museum miliki peran penting dan strategis mengedukasi masyarakat sekaligus berpotensi wisata edukasi.

“Nah untuk itu, kita harus pikirkan inovasi-inovasi yang membuat hidup museum ini. Kita perhatikan bagus-bagus museumnya di negara-negara maju. Teknologi yang digunakan di museum sudah menuju digitalisasi, interior, dan display-nya menarik. Mudah-mudahan kita segera mengarah ke sana,” harap Ijeck.

Ijeck pun sesekali memberi masukan kepada Kadis Disbudpar Hidayati dan pengelola museum. Di antaranya memperkaya koleksi terkait delapan etnis di Sumut, mengubah penyajian informasi manual menuju digital, perbanyak kegiatan menghidupkan aktivitas museum, menampilkan model story telling mengisahkan sejarah dan kebudayaan Sumut, dan lainnya.

“Semoga Pemprovsu mempunyai anggaran yang cukup untuk renovasi, perbaikan, dan pembenahan sehingga lebih banyak pengunjung merasakan manfaat edukatif dari museum ini,” tutur Ijeck didampingi oleh Asisten Administrasi Umum dan Aset Setdprovsu, Zonny Waldi.

Tak lupa Wagubsu juga menyapa para pengunjung yang mayoritas pelajar. Dengan ramah, Ijeck membalas sapaan dan melayani ajakan foto pengunjung. Selain itu, Ijeck juga sempat diwawancara para pelajar.

“Bagus mainnya ke sini, anak muda jauhi narkoba ya,” pesannya memberi nasehat.

Kadis Disbudpar, Hidayati, menyampaikan pihaknya siap melaksanakan arahan, salah satu prioritas adalah meningkatkan pemanfaatan fasilitas digitalisasi untuk menunjang pelayanan dan peningkatan kualitas museum. Saat ini, Disbudpar Provsu sedang mempersiapkan program Museum Masuk Sekolah untuk meningkatkan rasa cinta bagi pelajar. (wol/aa/data2)

editor AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Gubsu: Pesantren Berperan Bangun Akidah Bangsa

PATUMBAK, Waspada.co.id – Setiap instansi pendidikan memiliki tanggung jawab untuk membangun generasi penerus bangsa. Termasuk ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.