_
Home / Warta / Ekonomi dan Bisnis / Permukiman Paling Terpencil dan Terisolasi di Bumi
Ilustrasi Shutterstock

Permukiman Paling Terpencil dan Terisolasi di Bumi

JAKARTA – Sepanjang sejarah, orang telah bergerak melintasi semua wilayah dunia untuk membangun komunitas. Beberapa dari komunitas itu kelak tumbuh menjadi kota-kota besar dengan jutaan individu yang mendiaminya.Namun, beberapa orang memilih untuk tetap berada di kelompok-kelompok kecil yang benar-benar jauh dari deru modernisasi. Berikut adalah daftar permukiman terpencil di dunia:

TRISTAN DE CUNHA, INGGRIS

Tristan de Cunha merupakan kepulauan kecil di selatan Samudera Atlantik. Tanah terdekat ke pulau itu adalah Afrika Selatan, kira-kira 1.700 mil, sedangkan pantai Amerika Selatan terletak pada jarak sekitar 2.000 mil. Meskipun berukuran kecil dan terisolasi, Tristan de Cunha memiliki sejarah kaya. Pulau ini pertama kali ditemukan pada 1506 oleh seorang penjelajah Portugis dan kemudian dianeksasi oleh Inggris. Kepulauan kini memiliki jumlah penduduk hanya 271 orang, yang sebagian besar adalah keturunan dari orang-orang pemukim asli dan membuat hidup mereka sebagai petani dan pembuat kerajinan.

ITTOQQORTOORMIIT, GREENLAND

Dengan luas 836.000 mil persegi, Greenland adalah pulau terbesar di dunia, tapi dengan hanya berpenduduk 57.000 orang, pulau ini juga terhitung wilayah sepi. Dan dari semua kota di Greenland, mungkin tidak ada yang sulit dijangkau seperti Ittoqqortoormiit, sebuah desa nelayan kecil di pantai timur pulau itu, di sebelah utara Islandia. Kota ini merupakan bagian dari kota kabupaten kira-kira seukuran Inggris, tetapi memiliki populasi tak lebih dari 500 orang, yang berarti bahwa setiap orang secara teknis memiliki lebih dari 150 kilometer persegi untuk mereka tinggali. Pemukiman paling utara di dunia ini benar-benar terisolasi dalam luasnya tundra.

rumah

LA RINCONADA, PERU

Berbicara tempat paling sulit dijangkau di Amerika Selatan tidak ada yang sebanding dengan La Rinconada, sebuah kota pertambangan kecil di Pegunungan Andes, Peru. Terletak hampir 17.000 meter di atas permukaan laut, La Rinconada dianggap sebagai kota “tertinggi” di dunia. Kota ini terletak di atas gletser beku abadi, dan hanya bisa dicapai oleh truk melalui jalan berliku berbahaya di pegunungan. Kota ini memiliki penduduk sebanyak 30.000 jiwa, hampir semua dari mereka terlibat dalam bisnis pertambangan emas di tempat ini.

Check Also

YLKI Tegaskan Meikarta Informasikan Status Pembangunan

JAKARTA, Waspada.co.id – Tanggapi Meikarta, Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) menegaskan agar manajemen mega proyek ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.