Mau Bikin Tongseng Kambing Lezat? Simak Dulu Tipsnya dari Chef Ragil

Ilustrasi Tongseng (Foto: Letsgeteaton)

Tongseng merupakan salah satu kuliner khas Indonesia yang cukup digemari oleh para pencinta kuliner Nusantara. Sekilas, bentuk hidangan ini menyerupai gulai, namun menggunakan bumbu yang lebih tajam.

Perbedaannya sendiri terletak pada daging yang digunakan. Tongseng diolah menggunakan daging kambing yang masih melekat pada tulang, terutama tulang iga dan tulang belakang.

Kemudian, diberi tambahan beberapa bahan pelengkap seperti sayur kol, bawang putih, tomat, dan kecap. Asal usul nama tongseng sendiri diambil dari proses pengolahan bumbunya yang menggunakan teknik ‘oseng-oseng’.

Untuk membuat olahan tongseng yang lezat pun tidak sembarangan. Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan agar rasanya lezat dan menggugah selera. Bahkan, salah seorang Chef Profesional Indonesia, Ragil Imam Wibowo mengatakan bahwa untuk membuat olahan tongseng yang lezat harus dilakukan sepenuh hati.

“Masaknya harus sepenuh hati. Tidak boleh asal mencampurkan bahan-bahannya. Terutama kecap,” ujar Chef Ragil, saat ditemui Okezone, di kawasan Jakarta Selatan, Kamis 21 Februari.

tongseng

(Foto: Letsgeteaton)

Ia mengatakan, kecap sebaiknya dicampurkan saat tongseng sudah mau matang atau paling akhir. Jika dimasukkan dari awal proses pengolahan, justru akan menghilankan cita rasa kecap itu sendiri.

“Kalau di awal bisa menghilangkan rasa kecap. Lebih baik di campurkan paling akhir ketika daging sudah empuk supaya rasanya tetap enak,” tegas Chef Ragil.

Selain itu, teknik pemotongan dagingnya pun juga harus diperhatikan. Tekstur daging tongseng cenderung berbeda dengan sate kambing. Daging yang digunakan untuk mengolah tongseng harus lebih tebal, dan umur kambingnya juga harus diperhatikan.

“Umur kambing harus diperhatikan, kalau mau empuk cari kambing yang masih muda (6 bulan). Terus kalau beli di pasar atau supermarket harus dipastikan yang motong kambing harus profesional. Karena hewan yang stres dan tegang karena kesakitan akan memengaruhi rasanya,” tutup Ragil.