Disporasu Tunjuk Sembilan Pelatih Baru PPLP Sumut

Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga Sumatera Utara (Kadispora Sumut) Baharuddin Siagian (WOL Photo)

MEDAN, Waspada.co.id – Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumatera Utara (Disporasu) mengumumkan sembilan nama pelatih baru yang dinyatakan lolos seleksi membina atlet Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) mulai tahun 2019.

Para pelatih dinyatakan lolos setelah memenuhi standart penilaian seleksi melalui format wawancara dengan menyampaikan beberapa item. Di antaranya bukti sertifikat lisensi, wawasan tentang PPLP, program latihan, konsekuensi, komitmen, dan target.

Sembilan nama pelatih tersebut adalah Fil Erwin Lubis (pencak silat), Fahmi Hakim, Zulhamdi Sianipar (bola voli), Suryati, Edi Harianto Harahap (atletik), Yono Rusadi, Amran, Waluyo (sepakbola), dan Don Juano (pelatih fisik).

Kadispora Sumut, H Baharuddin Siagian, menjelaskan perekrutan pelatih baru merupakan hasil evaluasi pihak Dispora atas pencapaian prestasi kurang signifikan yang ditorehkan sejumlah cabor binaan PPLP Sumut.

“Saat ini kita sedang membenahi pelatih maupun atlet PPLP. Artinya yang kita lakukan tidak lain untuk memberikan semacam evaluasi yang kita berikan kepada pelatih yang selama ini melatih anak-anak kita tapi tidak punya prestasi,” ujar Baharuddin, Selasa (8/1).

Menurutnya, langkah cepat tersebut harus dilakukan sebagai bentuk komitmen penuh pemerintah untuk persiapkan diri dalam rangka menghadapi program jangka pendek hingga panjang. Terutama persiapan atlet pelajar tampil di Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) dan Pekan Olahraga Nasional (PON).

“Saat ini, Sumut berkomitmen mempersiapkan atlet terbaik mengikuti program jangka pendek seperti tampil di Kejurnas PPLP dan Popnas 2020, termasuk program jangka panjang menuju PON 2024 di Sumut-Aceh,” tegasnya.

Baharuddin menegaskan para pelatih baru juga akan dipantau perkembangannya, baik saat memberikan program latihan, kedisiplinan serta pencapaian prestasi anak didiknya. Kondisi ini juga termasuk pelatih atletik Edi Hariyanto dan Suryati yang merupakan mantan pelari juara nasional. (wol/at/data1)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL