_
Home / Sumut / DPRD Sahkan Tiga Perda, Gubsu Harapkan Bermanfaat
WOL Photo

DPRD Sahkan Tiga Perda, Gubsu Harapkan Bermanfaat

MEDAN, Waspada.co.id – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Edy Rahmayadi, mengharapkan tiga Peraturan Daerah (Perda) yang baru disahkan DPRD Sumut dapat bermanfaat bagi masyarakat.

Hal itu disampaikan Gubsu ketika menghadiri Rapat Paripurna DPRD Sumut yang dipimpin Ketua DPRD Sumut Wagirin Arman tentang pengesahan tiga Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) menjadi Peraturan Daerah (Perda) di Ruang Rapat Paripurna Kantor DPRD Sumut, Medan, Kamis (20/12).

Tiga Perda yang disahkan tersebut adalah Perda tentang Penambahan Penyertaan Modal ke PT Bank Sumut, Perda Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil Provinsi Sumut tahun 2018-2038, dan tentang Perlindungan Perempuan dan Anak dari Tindak Kekerasan.

Gubsu mengatakan penambahan penyertaan modal pada PT Bank Sumut diharapkan dapat menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pemprovsu. Selain itu, penambahan modal juga diharapkan dapat mendorong percepatan pengembangan bisnis perbankan.

“Seperti pengembangan sistem teknologi informasi terbaru, peningkatan kompetensi SDM, memperluas jaringan kantor, dan lain sebagainya,” kata Gubsu.

Tentang Perda Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil, Gubsu berharap Perda tersebut bisa memberikan perlindungan yang kuat kepada lingkungan pesisir maupun pulau-pulau kecil yang ada di Sumut. Apalagi, sambungnya Edy, Sumatera Utara memiliki luas wilayah pesisir yang cukup besar mencapai 110 ribu km persegi.

Perda tersebut, antara lain juga bertujuan mendorong pemanfaatan potensi sumber daya yang ada di pesisir secara optimal, berkelanjutan dan berkeadilan serta merehabilitasi dan menjaga kualitas lingkungan.

Sementara itu, Perda Perlindungan Perempuan dan Anak, diharapkan dapat melindungi hak-hak perempuan dan anak pada masyarakat untuk tetap mendapat perlindungan yang layak. Adapun fasilitas yang digunakan, di antaranya pelayanan pengaduan, kesehatan, psikologis, hukum, pengamanan, rehabilitasi, hingga reintegrasi sosial dari Pemprovsu.

Sebelumnya, digelar Rapat Paripurna Istimewa DPRD SU tentang peresmian dan pengucapan sumpah/janji anggota DPRD Sumut Pengganti Antar Waktu (PAD) sisa masa jabatan 2014-2019 atas nama Royana T Marpaung dan Abdul Manan Nasution. Royana menggantikan Januari Siregar dari PKPI yang tergabung dalam Fraksi Persatuan Keadilan Bangsa, sedangkan Abdul Manan menggantikan Parlinsyah Harahap (Gerindra). (wol/aa/rls/data1)

editor AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Berhasil Bina Kabupaten/Kota Peduli HAM, Wagubsu Terima Penghargaan Kemenkumham

BANDUNG, Waspada.co.id – Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) kembali menjadi salah satu penerima penghargaan dari ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.