_
Home / Warta / Indonesia Hari Ini / BMKG Turunkan Status Area Waspada Selat Sunda Menjadi 500 Meter
Pasca-Tsunami Banten (foto: Susi Air)

BMKG Turunkan Status Area Waspada Selat Sunda Menjadi 500 Meter

agregasi

 

SERANG – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menurunkan status jarak waspada bagi masyarakat sekitar pantai di Selat Sunda seperti Anyer, Carita dan sekitarnya, dari radius 1 kilometer menjadi sekitar 500 meter dari pantai.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono mengatakan, masyarakat yang sebelumnya mengungsi ke lokasi yang jauh dari pantai terkait peringatan BMKG sebelumnya agar jarak aman dari pantai sekitar 1 kilometer, saat ini diturunkan menjadi 500 meter.

“Tadi kami sudah menghadap pak gubernur, menyampaikan terkait area waspada bagi masyarakat di sekitar pantai, karena badan geologi menyampaikan informasi terkait penurunan aktivitas Gunung Anak Krakatau. Jadi Area waspada saat ini sekitar 500 meter dari pantai,” kata Rahmat Triyono usai menemui Gubernur Banten Wahidin Halim di Pendopo Gubernur Banten, Senin (31/12/2018).

Menurut Rahmat, bagi warga di sekitar pantai Anyer, Carita dan sekitarnya yang sebelumnya berada agak jauh dari pantai, untuk kembali ke rumahnya masing-masing.

“Tentunya kembali ke rumah masing-masing sambil tetap waspada,” kata Rahmat.

Ia mengatakan, sambil menunggu informasi dari badan geologi terkait penurunan level status Gunung Anak Krakatau (GAK), pihaknya juga memantau alat sensor aktivitas gunung tersebut yang dipasang di beberapa titik di wilayah Banten dan Lampung. Hasil pemantauan dari alat sensor tersebut, aktivitas GAK saat ini cenderung menurun.

“Kalau nanti levelnya sudah kembali turun, tentu masyarakat bisa menjalankan aktivitas seperti biasa secara normal,” katanya.

Sebelumnya, Gubernur Banten Wahidin Halim menyampaikan imbauan terkait jarak aman dari pantai untuk aktivitas masyarakat sekitar radius 1 kilometer. Imbauan tersebut disampaikan berkaitan dengan aktivitas GAK yang masih berstatus siaga atau level tiga dan meminta wisatawan untuk tidak mengunjungi pantai.

Check Also

BNPB: Sepanjang 2019 Terjadi 3.768 Bencana Tewaskan 478 Orang

JAKARTA – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat sebanyak 3.768 bencana terjadi sepanjang 2019. Dari ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.