_
Home / Warta / Indonesia Hari Ini / Berjibaku Informasikan Bencana di Tengah Kanker, Sutopo Kaget Profilnya Diberitakan New York Times
Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho. (Foto : Arif Julianto/Okezone)

Berjibaku Informasikan Bencana di Tengah Kanker, Sutopo Kaget Profilnya Diberitakan New York Times

AKARTA – Profil Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, dimuat media internasional, The New York Times.

Dalam keterangan tertulisnya, Sutopo tak menyangka orang Boyolali seperti dirinya dimuat dalam The New York Times.

“Jauh-jauh mereka datang ke Indonesia untuk menemui saya. Meminta wawancara khusus dan foto,” katanya, Minggu (30/12/2018).

Sutopo mengaku, wartawan The New York Time Richard C Paddock tertarik dengan dirinya yang gencar menginformasikan bencana yang marak menimpa Indonesia, di tengah sakit kanker paru dengan stadium 4B yang menerpanya.

“Apa yang kamu lakukan sangat menarik diberitakan. Dari sisi kemanusiaan sangat menarik. Indonesia dia ditimpa banyak bencana yang menimbulkan ribuan korban jiwa. Di saat bersamaan, Pak Topo yang sakit kanker paru stadium 4b. Sakit kritis yang pasti menyakitkan. Tapi terus-menerus memberikan informasi bencana tanpa menyerah dan mengenal lelah. Ini sangat menginspirasi,” kata Paddock, mengungkap alasan pihaknya untuk mewawancarai Sutopo, pada Desember 2018.

Paddock mengatakan, media internasional juga banyak memberitakan juru bicara BNPB tersebut. Hal itu, lanjut dia, merujuk semua informasi yang diberikan Sutopo cepat, akurat, dan dapat menenangkan banyak pihak.

Kepala Pusdatin dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho. (Foto: Arif Julianto/Okezone)

Selain itu, Paddock mengakui cara kerja Sutopo yang cepat dalam menyampaikan informasi bencana, lewat media sosial Twitternya. Hal ini berbeda dengan di AS.

“Media sulit mendapatkan data dan informasi yang cepat saat ada bencana di Amerika. Twitter kamu juga ada sering memuat hal-hal yang lucu dan tentang kehidupan, kesehatan, hoax, dan lainnya. Kita orang Amerika banyak yang simpati, respek dan memberikan apresiasi apa yang Pak Topo lakukan. Itulah alasan saya datang ke sini,” kata Paddock.

Sutopo tidak menyangka dirinya dimuat dalam rubrik profile The New York Times berjudul “He Helped Indonesia Through a’Year Disasters,’ While Facing His Own” yang dimuat pada 28 Desember 2018. Artikel itu mengangkat penyintas kanker, yakni Sutopo, yang terus memberikan informasi mengenai bencana di Indonesia.

Dalam berita itu, Sutopo menyebut 2018 sebagai tahun bencana. Hal tersebut merujuk berbagai peristiwa yang terjadi, seperti jatuhnya Lion Air , gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah, serta tsunami Selat Sunda pada 22 Desember lalu.

Check Also

BNPB Prediksi Kerugian Karhutla 2019 Capai Rp66,3 Triliun

  JAKARTA – Plt Kepala Pusat Data, Informasi, dan Hubungan Masyarakat BNPB Agus Wibowo memprediksi ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.