Berikut Daftar 5 Smartphone Paling Inovatif Sepanjang Tahun 2018

Ilustrasi

Waspada.co.id – Ada sekitar 1,4 miliar pengguna smartphone di seluruh dunia, dengan rata-rata 1,8 juta smartphone terjual setiap harinya. Tahun ini sendiri bisa dibilang merupakan tahun yang luar biasa bagi smartphone.

Ada banyak smartphone menakjubkan yang tidak hanya menawarkan spesifikasi mumpuni, namun juga desain atau konsep baru yang inovatif. Beberapa di antaranya bahkan langsung ramai dan diadopsi oleh banyak smartphone dari produsen lain setelahnya.

Tanpa perlu berlama-lama lagi, berikut 5 smartphone paling inovatif yang rilis tahun 2018.

1. Royole FlexPai
Baru-baru ini, startup asal Cina yaitu Royole mengumumkan FlexPai – smartphone lipat pertama di dunia. Melalui pengumuman tersebut, Royole juga menyebut bahwa smartphone dengan desain inovatif tersebut sudah bisa dipesan melalui pre-order untuk saat ini dan siap untuk dirilis tahun ini juga.

FlexPai sendiri menggunakan layar 7,8 inch beresolusi QHD dengan aspect ratio 4:3. Sementara di bagian spesifikasi, FlexPai dibekali dengan Snapdragon 855, RAM 6/8GB dan juga penyimpanan internal 128/512GB, yang bisa diperluas dengan kartu MicroSD. Untuk harga, FlexPai dijual di kisaran Rp20 juta.

2. Oppo Find X
Satu yang menarik dari Oppo Find X hadir dari ‘hilangnya’ kamera selfie atau sensor yang biasanya menghiasi bagian depan smartphone. Bukan berarti benar-benar hilang, sebab Find X memindahkannya ke bagian lain. Find X menjadi smartphone pertama dari Oppo yang menawarkan desain kamera selfie ‘pop-up’, yang akan secara otomatis muncul dari sisi atas ketika mengakses kamera maupun ketika menggunakan face-unlock.

Oppo sendiri mengklaim jika mekanisme slider pada Find X dapat bertahan hingga lebih dari 300.000 slide. Untuk spesifikasi, Find X didukung dengan Snapdragon 845, RAM 8GB dan penyimpanan internal 128/256GB.

3. Vivo Nex S
Pada bulan Juni kemarin, Vivo mengumumkan varian baru dari seri Nex yaitu Nex S dan Nex A. Untuk varian Nex S khususnya, menjadi yang paling mewah karena dibekali dengan satu inovasi menarik. Inovasi tersebut berasal dari ketiadaan kamera depan yang dipindah ke bagian atas, mirip seperti apa yang dilakukan Oppo terhadap Find X.

Melalui hilangnya kamera depan ini, Nex S jadi punya layar lebih luas yang tentunya lebih lega. Vivo sendiri menyebut bahwa kamera selfie pop-up pada Nex S dapat muncul dalam waktu 0,8 detik saja. Untuk bagian mesin sendiri, Nex S punya ‘jeroan’ yang sama seperti Find X yaitu Snapdragon 845, RAM 8GB dan penyimpanan internal 128/256GB.

4. Honor Magic 2
Maka sama seperti Find X atau Nex S, Magic 2 dari Honor juga mengadopsi mekanisme kamera selfie pop-up, yang Honor sebut sebagai Magic Slide. Bedanya, Magic 2 terbilang jauh lebih ‘niat’ karena menyematkan 3 kamera selfie sekaligus. Selain itu, kamera belakang dari Magic 2 juga sama-sama dibekali dengan 3 buah kamera, yang tentunya punya fungsi masing-masing.

Untuk fitur lain, Magic 2 juga didukung dengan sensor fingerprint didalam layar dan juga fitur Super Charge 40W. Di bagian spesifikasi, Magic 2 dipersenjatai dengan Kirin 980 yang didukung dengan RAM 6/8GB dan penyimpanan internal 128/256/512GB.

5. Vivo X51
X21 menjadi smartphone pertama dari Vivo sekaligus yang pertama di dunia, yang menggunakan sensor fingerprint didalam layar. Inovasi baru ini sangatlah digemari sampai-sampai sejumlah produsen sebelah seperti Oppo, OnePlus dan juga Huawei, mulai mengadopsinya ke dalam smartphone buatan mereka.

X21 sendiri hadir dengan layar 6,28 inch yang punya rasio screen-to-body mencapai 90,3%. Sementara di bagian yang lain, X21 dibekali dengan Snapdragon 660, RAM 6GB dan juga penyimpanan internal 128GB. Meski diberi label sebagai smartphone mid-end, melalui inovasi baru yang diusungnya, X21 menjadi kompetitor yang tidak terduga bagi smartphone-smartphone flagship. (IDN Times/data2)