Belum Semusim Latih Arsenal, Emery Hapus Kutukan 13 Tahun

foto: zimbio

LONDON, Waspada.co.id – Pelatih Arsenal, Unai Emery, meraih performa impresif dalam musim pertamanya di Arsenal. Terkini, Emery menyingkirkan kutukan The Gunners yang terjadi selama 13 tahun terakhir dibesut Arsene Wenger.

Arsenal baru saja mencatatkan 18 laga terakhir tanpa menelan kekalahan di semua ajang yang mereka ikuti pada musim 2018-2019. Kepastian itu sahih setelah Arsenal menang 3-0 atas Vorskla Poltava dalam matchweek kelima babak penyisihan Grup E Liga Europa, Jumat (30/11) kemarin.

Performa meyakinkan Meriam London tersebut tidak lain karena campur tangan sang pelatih baru, Unai Emery. Lebih mengesankan lagi, Emery berhasil meniadakan kutukan Arsenal yang selalu dialami dalam 13 tahun terakhir.

The Gunners tak pernah terhindar dari kekalahan pada bulan November, sejak terakhir pada tahun 2005. Secara statistik, Wenger selalu kepayahan membawa anak asuhnya meraih poin di Liga Premier sepanjang bulan November.

Hal itu bahkan terjadi selama kepemimpinan Wenger di Arsenal mulai 1996 hingga musim panas 2018 lalu. Total, Meriam London menelan 27 kekalahan selama November di Liga Premier di tangan Wenger.

Catatan Arsenal bersama Wenger di bulan November tersebut menjadi yang terburuk daripada saat berkompetisi pada bulan-bulan lainnya. Di sisi lain, pencapaian Emery yang sanggup mematahkan kutukan bulan kedua terakhir dalam kalender masehi itu sebenarnya tak terlalu spesial.

Ternyata, Mesut Ozil cs hanya imbang tiga kali dan dua kali menang. Arsenal mengimbangi Liverpool (1-1), Sporting CP (0-0), dan Wolverhampton (1-1) serta menang atas Bournemouth (2-1) dan Vorskla (3-0). (wol/aa/fl/data2)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL