_
Home / Warta / Indonesia Hari Ini / Presiden Jokowi: Dana Desa Jangan Balik ke Jakarta!
Foto Istimewa

Presiden Jokowi: Dana Desa Jangan Balik ke Jakarta!

SEMARANG – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan gelontoran Dana Desa dari Pemerintah Pusat mestinya tak balik lagi ke Jakarta. Oleh karenanya, dana tersebut harus dikelola secara baik dengan membelanjakan material di desa-desa setempat.

“Kita harapkan dana itu betul-betul jangan ada kembali yang ke kota apalagi kembali ke Jakarta,” kata Jokowi saat sarasehan Pengelolaan Dana Desa se-Jawa Tengah di Gedung PRPP Semarang, Kamis (22/11/2018).

“Caranya seperti apa? sudah sering saya sampaikan tapi ini saya ulang lagi. Saat membelanjakan itu gunakan material-material yang ada di desa atau di kecamatan. Beli pasir cari kali yang ada pasirnya, di tingkat desa atau di kecamatan beli di situ. Mau beli semen jangan jauh-jauh ke kota, beli di desa kalau ada kalau enggak ada beli di kecamatan,” beber mantan Wali Kota Solo itu.

joko

Menurutnya, dengan cara tersebut maka peredaran uang tetap berada di kawasan desa atau paling jauh di wilayah kecamatan setempat. Sebab, dengan perputaran uang dalam jumlah besar di suatu wilayah maka kesejahteraan masyarakat bisa meningkat.

“Biar uangnya terus beredar di situ. Jangan kembali uang itu ke kota apalagi ke Jakarta, sehingga peredaran uang yang ada di desa atau maksimal di kecamatan itu makin tahun maka semakin membesar. Karena tanpa tanpa perputaran uang yang semakin banyak di desa, mustahil yang namanya desa itu akan meningkat kesejahteraannya. Itu teori ekonomi,” tandasnya,

joko

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu merinci, sejak awal pemerintahannya terus meningkatkan besaran Dana Desa. Anggaran tersebut masih ditambah dari kucuran APBD baik provinsi beserta kabupaten/kota yang jumlahnya cukup besar.

“Kita lihat dana yang telah dikucurkan oleh pemerintah. Tahun 2015 Rp20 triliun, 2016 Rp47 triliun, 2017 Rp60 triliun, 2018 Rp60 triliun, tahun depan 2019 Rp70 triliun. Naik terus. Contoh di Jawa Tengah tahun ini mendapatkan Rp6,7 triliun,” tukas dia.

Check Also

Gawat! Ada Dugaan Penyelewengan Dana Desa Untuk Kelompok Bersenjata di Papua

JAKARTA, Waspada.co.id – Polisi menemukan adanya dugaan penggunaan dana desa atau kampung untuk mendukung Kelompok ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.