_
Home / Warta / Politik / Taufik Kurniawan Dicekal KPK, PAN: Kami Serahkan ke Proses Hukum
Ilustrasi

Taufik Kurniawan Dicekal KPK, PAN: Kami Serahkan ke Proses Hukum

agregasi

 

JAKARTA – Wasekjen PAN Faldo Maldini menyerahkan sepenuhnya ke proses hukum terkait dengan dicegahnya Wakil Ketua DPR RI, Taufik Kurniawan bepergian ke luar negeri oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Kalau menurut saya, PAN partai yang sangat reformis, kami sangat patuh pada hukum. Pak Taufik dicekal, sepertinya kami serahkan ke proses hukum,” kata Faldo disela-sela acara Milenial Fest di Ballroom Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Minggu (28/10/2018).

Menurut Faldo, seniornya di DPP PAN itu akan kooperatif menjalani proses hukum jika ada pemeriksaan dan panggilan dari penyidik KPK. Faldo berharap, Taufik tidak terlibat dalam perkara apa yang sedang diselidiki oleh lembaga antirasuah.

“Semoga prosesnya lancar, tidak ada permasalahan apapun, kita serahkan kepada proses hukum yang berjalan,” tutur Faldo.

Wakil Ketua KPK Saut Situmorang sebelumnya menyebut, meskipun dilakukan pencegahan ke luar negeri selama enam bulan, politikus PAN itu, sampai saat ini masih berstatus saksi, bukan tersangka.

“Status (Taufik Kurniawan) belum tersangka, kalau sudah segera diumumkan,” ujar Saut.

Taufik Kurniawan sempat diperiksa ‎oleh KPK pada 5 September 2018. Pemeriksaan terhadap Politikus PAN tersebut diduga terkait penyelidikan kasus dugaan Dana Alokasi Khusus (DAK).

“(Diperiksa)‎ untuk menjelaskan terkait dengan mekanisme penganggaran di DPR. Artinya pembahasan mekanisme yang terkait pembahasan proses APBN sudah saya sampaikan ke penyidik,” kata Taufik di Gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, 5 September 2018.

Nama Taufik Kurniawan sendiri sempat muncul dalam sidang perkara korupsi yang menyeret Bupati nonaktif Kebumen, Yahya Fuad. Saat itu Yahya bersaksi untuk terdakwa pengusaha asal Kebumen Khayub Muhammad Lutfi di Pengadilan Tipikor Semarang pada Rabu 4 Juli 2018.

Yahya Fuad menyebut Taufik menerima uang sebesar Rp3,7 miliar terkait dengan pengalokasian Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk Kabupaten Kebumen yang bersumber dari APBN. Yahya juga mengakui bertemu dengan Taufik sebanyak dua kali yakni di Jakarta dan Semarang.

Check Also

Gerindra: Sinyal Prabowo Akan Kembali Nyapres di 2024 Kuat Sekali

  JAKARTA – Wakil Ketua DPD Partai Gerindra DKI, Syarif memberikan sinyal kuat bahwa Ketua ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.