Rekor Asia Tandai Emas Ketiga Indonesia

foto: Antara

JAKARTA, Waspada.co.id – Indonesia sudah berhasil meraih tiga emas di arena Asian Para Games 2018, Senin (8/10). Kali ini, emas ketiga disumbangkan oleh Rica Oktavia dari cabang lompat jauh putri T20.

Rica berhak mengantongi medali emas, setelah mencatat lompatan terjauh 5,25 meter di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta. Perak diraih Siti Noor Radiah (Malaysia/5,18 m) dan perunggu milik Sakai Sonomi (Jepang/5,02 m).

Ini menjadi emas kedua Indonesia di cabang atletik setelah sebelumnya dipersembahkan Suparniyati dari tolak peluru F20. Sehari sebelumnya, Indonesia juga sukses meraih emas dari bulutangkis beregu putra.

Di tempat terpisah, tim balap sepeda Indonesia menyumbang dua perak dan satu perunggu. Perak dipersembahkan Muhammad Fadli dan Saori Sufyan, sedangkan perunggu disumbangkan oleh Herman Halawa.

Atas prestasinya, Rica mengaku sangat senang dengan prestasinya di Asian Para Games 2018. Selain bisa menyumbangkan emas untuk Merah Putih, jarak lompatan yang dicatatnya juga berhasil memecahkan rekor di Asia.

“Senang ya karena saya capai target kali ini. Alhamdulillah bisa dapat emas dan pecahkan rekor Asia. Sejauh ini juga persiapan memang sudah matang sih. Tapi, saya sedikit kaget juga bisa pecahkan rekor Asia di sini,” ujar Rica.

Di lain pihak, Suparniyati sukses mencatatkan lemaparan sejauh 10,75 meter untuk mendulang emas tolak peluru. Meski berhasil mendulang emas, Suparniyati mengaku belum puas dengan catatan lemparannya yang dinilai menurun dari sebelumnya. Di ASEAN Para Games 2017, atlet asal Riau ini mencatat 11,03 meter.

Kendati begitu, Suparniyati tetap bangga menyumbang emas dan mengumandangkan lagu Indonesia Raya. Kepada wartawan, atlet berusia 25 tahun tersebut menyebutkan bakal mempersembahkan emasnya untuk sang ibu yang telah membesarkannya seorang diri sejak di bangku sekolah.

Dengan medali emas Asian Para Games 2018, Suparniyati dipastikan akan menerima bonus Rp1,5 miliar dari pemerintah. Dikatakan, bonus yang didapat akan digunakan untuk membangun rumah untuk tempat tinggal keluarganya. (wol/aa/cnn/data2)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL