_
Home / Warta / Indonesia Hari Ini / Polisi Usul Penindakan Hasil E-Tilang Tanpa Sidang
Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Yusuf. (Foto: Okezone)

Polisi Usul Penindakan Hasil E-Tilang Tanpa Sidang

JAKARTA – Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Yusuf punya usul untuk meniadakan sidang tilang, termasuk bagi pengendara yang terkena sistem electronic traffic law enforcement (e-TLE) atau yang biasa disebut tilang elektronik (e-tilang).

Menurut Yusuf, usulan itu sudah disampaikan langsung ke Korps Lalu Lintas (Korlantas) Mabes Polri agar dilanjutkan ke Mahkamah Agung (MA) untuk dibuatkan payung hukumnya. Langkah tersebut diharapkan bisa menyederhanakan proses penindakan para pelanggar lalu lintas.

“Kita sudah berikan ke Korlantas. Nanti tinggal Korlantas yang akan mengirim surat itu kepada MA,” ungkap Yusuf ketika berada di Simpang Sarinah, Jakarta Pusat, Senin (15/10/2018).

Meski begitu, sidang akan tetap diterapkan bagi pelanggar yang menyangkal surat tilang yang telah diterbitkan kepolisian. Baik itu karena merasa pasal yang disangkakan tidak tepat atau keberatan.

“Kami sudah formasikan, sudah kita berikan kepada Korlantas. Kan ini urusan Mabes Polri ke antarinstansi, jadi bukan urusan Polda Metro,” jelasnya.

Sekadar diketahui, surat bukti e-TLE atau e-tilang akan langsung dikirim oleh petugas kepolisian ke alamat pemilik kendaraan melalui jasa ekspedisi Pos Indonesia. Pelanggar kemudian dapat membayar denda melalui bank.

Check Also

Din: Pemeriksaan Amien Rais Bisa Picu Kegaduhan Politik

JAKARTA – Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin memandang pemeriksaan mantan Ketua Dewan Kehormatan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.