Ballon d’Or Juga Ada Bagi Pemain U-21

foto: zimbio

PARIS, Waspada.co.id – Setelah merilis para kandidat Ballon d’Or 2018, France Football Magazine juga mengumumkan nama-nama pemain U-21 yang menjadi calon peraih penghargaan Pemain Muda Terbaik Dunia atau Kopa Trophy.

Bila Ballon d’Or bakal diperebutkan oleh 30 pemain ternama, maka Pemain Muda Terbaik Dunia hanya terdiri atas 10 Golden Boy. Sebagai unggulan, Kylian Mbappe dijagokan bakal menjadi pemenang.

Pencapaiannya sulit ditandingi di usia 19 tahun dengan membawa PSG juara Ligue 1 dan Timnas Prancis menjadi juara Piala Dunia 2018 lalu di Rusia. Selama Piala Dunia, bintang Paris Saint-Germain (PSG) ini mencetak empat gol, termasuk satu di final.

Panitia memilih nama Kopa Trophy sebagai tribut untuk legenda sepakbola yang pernah memperkuat Timnas Prancis, Angers, Reims, dan Real Madrid, Raymond Kopa. Sang legenda juga menjadi peraih Ballon d’Or 1958.

Uniknya, Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi yang menjadi nomine Ballon d’Or senior bakal menjadi panel menentukan pemain yang berhak menyandang status Pemain Muda Terbaik Dunia. Selain Ronaldo dan Messi, panel juga diwakili Kaka, Ronaldinho, Fabio Cannavaro, Zinedine Zidane, Ronaldo Lima, Michel Platini serta pemenang Ballon d’Or lainnya.

Nomine Pemain Muda Terbaik Dunia:

AC Milan: Gianluigi Donnarumma, Patrick Cutrone

PSG: Kylian Mbappe

AS Roma: Justin Kluivert

Liverpool: Trend Alexander-Arnold

Lyon: Houssem Aouar

Borussia Dortmund: Christian Pulisic

Salzburg: Amadou Haidara

Groningen: Ritsu Doan

Santos: Rodrygo Goes

(wol/aa/bbc/data2)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL