Uji Coba E-Tilang, Polisi Mulai Pasang Alat di Sejumlah Titik Jakarta

Ilustrasi (Foto: Ist)
agregasi
agregasi

 

JAKARTA – Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro akan segera lakukan uji coba sistem electronic traffic law enforcement (E-TLE) atau biasa disebut tilang elektronik (e-tilang). Kamera pun mulai dipasang di beberapa ruas jalan di DKI Jakarta.

“Dua alat kamera sudah dipasang, kemudian lagi di-connect-kan dengan back office. Mudah-mudahan besok sudah selesai dan kita coba,” kata Direktur Ditreskrimsus Polda Metro Jaya Kombes Yusuf di kantornya, Jakarta, Senin (24/9/2018).

Sementara ada dua titik yang akan dilakukan uji coba yakni di Bundaran Patung Kuda dan Sarinah, Jakarta Pusat. Selama masa uji coba yang akan dimulai pada awal Oktober mendatang itu tidak akan dilakukan tindakan tilang.

Ilustrasi

Adapun cara kerjanya, kamera yang didatangkan dari Cina itu secara otomatis akan mem-poto kendaraan yang melanggar rambu-rambu lalu lintas seperti menerobos lampu merah bahkan kendaraan yang tidak sesuai dengan aturan ganjil-genap.

Hasil dari pengintaian kamera itu akan connect ke back office atau server yang berada di Mapolda Metro Jaya. Kemudian, petugas akan menghubungi pemilik kendaraan melalui telepon atau email untuk segera membayar denda seusai dengan jenis pelanggarannya.

“Kalau dikonfirmasi enggak ada jawaban, enggak ada respon, ada waktunya, lagi kita susun berapa harinya. Kalau enggak respon sampai 14 hari diblokir STNK-nya,” pungkasnya.