Diet Sehat, Cara Cepat Tangani Obesitas

Ilustrasi

Waspada.co.id – Obesitas menjadi salah satu masalah yang kini banyak dialami orang. Jika tidak ditangani dengan tepat dan cepat, akan menimbulkan banyak masalah kesehatan.

Pada seminar kesehatan yang bertema Healthy Life Style in General Life, dr. Christopher Andrian, M.Gizi, Sp.GK memberikan edukasi mengenai pola hidup sehat. Dijelaskan bahwa di Indonesia terjadi peningkatan obesitas yang cukup tinggi dan terus meningkat, bahkan perempuan lebih banyak mengalami obesitas dibandingkan laki-laki.

“Obesitas yang lebih berbahaya adalah obesitas central karena lemak ada di dalam perut dan membungkus organ-organ, sehingga menyebabkan berbagai penyakit, seperti serangan jantung, memengaruhi kesuburan, dan bahkan memicu kanker,” jelas dr. Christopher Andrian, M.Gizi, Sp.GK, di acara #AksiSehatCeria, Jakarta, Sabtu, (15/9) lalu.

Perlu diperhatikan juga bahwa angka kecukupan gizi (AKG) berbeda. AKG laki-laki yaitu 2.500 kkal dan AKG wanita 2.100 kkal. Selain jenis kelamin, dipengaruhi juga oleh usia dan tinggi badan. Angka kebutuhan tersebut lah yang harus diperhatikan untuk mengatur asupan makanan.

Karena itu, diperlukan kiat khusus untuk menjaga tubuh agar tidak menimbulkan obesitas. Mulai dari konsumsi makanan 5-6 kali sehari dengan porsi sedikit dan diimbangi dengan minum air yang cukup.

Selain itu, perlu dikontrol juga asupan kalori dengan menekan karbohidrat yang berasal dari tepung. (inilah/ags/data1)