_
Home / Warta / Indonesia Hari Ini / PVMBG: Jangan Percaya Ramalan Gempabumi!
Ilustrasi

PVMBG: Jangan Percaya Ramalan Gempabumi!

agregasi
agregasi

 

BANDUNG – Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kasbani mengingatkan warga agar jangan percaya terhadap ramalan akan adanya gempabumi. Ramalan kapan dan di mana akan terjadi gempa bumi dipastikan bohong.

Ia menegaskan, sejauh ini belum ada satu pun ahli yang bisa memprediksi kapan dan di mana akan terjadi gempabumi. Peralatan untuk memprediksi gempa bumi pun belum ada. Hal itu berbeda dengan peralatan lain yang sudah bisa memprediksi terjadi sesuatu, misalnya memprediksi cuaca.

Gempabumi

“Kami mengimbau kepada masyarakat luas, gempabumi sampai sekarang tidak bisa diprediksi kapan, di mana, dan besarnya bagaimana. Kalau ada yang menyatakan gempa akan terjadi tanggal sekian, jam sekian, itu bohong, hoax,” kata Kasbani di Kantor PVMBG, Kota Bandung, Senin (13/8/2018).

Menurutnya, sejauh ini, pengetahuan manusia baru bisa mengetahui bahwa suatu daerah rawan mengalami gempa atau tidak.

“Tidak ada satu pun di dunia ini yang bisa memastikan kapan terjadi gempa. Memang kita bisa mengetahu potensi (kawasan rawan gempa), tapi kita tidak tahu kapan akan terjadi,” ungkapnya.

PVMBG sendiri bersama Badan Geologi sudah memetakan kawasan rawan gempa bumi. Secara umum, kawasan Indonesia memang rawan gempa.

Sehingga, kewaspadaan perlu dimiliki berbagai pihak. Edukasi atau pengetahuan soal gempa bumi pun perlu dimiliki. Tujuannya agar ketika gempa terjadi, jumlah korban jiwa bisa diminimalisir.

Pemerintah daerah pun harus semakin peduli. Bangunan-bangunan yang berada di titik rawan gempa diharapkan memiliki konstruksi sesuai kaidah bangunan tahan gempa bumi.

Secara khusus, rencana tata ruang wilayah (RTRW) juga harus diperhatikan oleh pemerintah daerah. Bahkan, jika perlu dilakukan revisi agar jumlah korban bisa diminimalkan jika suatu saat terjadi gempa.

Check Also

Gempa Susulan di Berastagi Magnitudo 2,2 SR

MEDAN, Waspada.co.id – Gempa susulan kembali terjadi pascagempa di barat laut Deliserdang, Minggu (22/9) sore ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.