Syed Saddiq Ingin Hapus Hirarki dan Senioritas

foto: Menteri termuda malaysia (instagram/@syedsaddiq)

Waspada.co.id – Menteri Pemuda dan Olahraga, Syed Saddiq Syed Abdul Rahman bertekad memberdayakan kaum muda. Menteri 25 tahun ini ingin mengubah kebijakan yang mengutamakan hirarki dan senioritas berdasarkan usia.

“Organisasi kepemudaan nasional dibatasi dari usia 40 tahun. Bahkan beberapa diskusi juga diikuti oleh orang dari usia 30-35 tahun sejak 2011,” katanya, dikutip dari laman Straits Times, Selasa (31/7).

Saddiq mengatakan bahwa melalui jaringan mengakar antara organisasi pemuda lokal dan partai politik seperti Umno banyak orang-orang muda ingin mengambil peran kepemimpinan terhalang oleh usia tua yang tidak mau tersingkir.

“Ini akan menjadi perubahan kebijakan yang membutuhkan kemauan politik kuat. Tetapi sekarang kemauan sudah ada, dan mandat dari rakyat telah berubah,” ungkapnya.

Saddiq juga menyebut koalisi Barisan Nasional yang berkuasa lama telah menghambat pertumbuhan di kalangan muda.

“Jika Anda melihat, rata-rata kepala desa di Malaysia berusia 50 tahun ke atas. Padahal sebenarnya ada batasan usia,” sebutnya.

Berdasarkan aturan negara, persyaratan usia untuk kepala desa dari rentang 35 tahu ke atas. Namun pada 2015 lalu, mantan Perdana Menteri Najib Razak menaikkan usia pensiun untuk kepada desa menjadi 69 tahun dari yang semula 65 tahun. (wol, mer/devi)