Prancis Bikin Argentina Pulang Kampung

foto: zimbio

KAZAN,Waspada.co.id – Prancis menjadi tim pertama yang lolos ke perempatfinal Piala Dunia 2018, setelah mengalahkan Argentina di Kazan Arena, Sabtu (30/6) malam. Ditandai drama tujuh gol, Les Bleus menang 4-3.

Les Bleus unggul lebih dulu lewat penalti Antoine Griezmann di menit 13. Hadiah tendangan 12 pas diberikan wasit, setelah Kylian Mbappe dilanggar Marcos Rojo di kotak terlarang. Griezmann menendang bola ke tengah sekaligus mengecoh kiper Franco Armani yang bergerak ke kanan.

Hanya menyisakan Lionel Messi di depan sebagai ujung tombak memang menyulitkan Tim Tango mengancam gawang Prancis yang dikawal Hugo Lloris. Beruntun tim asuhan Jorge Sampaoli berhasil mendapat gol penyeimbang jelang turun minum.

Menit 41, Tim Tango membalas ketika tendangan jarak jauh Angel Di Maria menggetarkan jala gawang Les Bleus. Di Maria leluasa menendang bola karena tidak mendapat kawalan ketat dari barisan belakang pasukan Didier Deschamps.

Begitu babak kedua dimulai, Argentina membuat kejutan. Tendangan Messi mengenai kaki Gabriel Mercado yang kemudian membelokkan arah bola dan mengecoh Hugo Lloris. Menit 58, Prancis menyamakan kedudukan lewat gol spektakuler Benjamin Pavard.

Selanjutnya, Kylian Mbappe mencuri perhatian dengan dua golnya ke gawang Argentina hanya dalam waktu empat menit. Gol pertama dicetak Mbappe dengan menggocek bola melewati tiga pemain belakang lawan dan menaklukkan Armani.

Tak lama berselang, sodoroan Olivier Giroud disambut tendangan terarah Mbappe ke pojok kiri gawang Argentina. Tertinggal, Sampaoli memasukkan Sergio Aguero untuk menambah daya serang Tim Tango. Benar saja, striker Manchester City tersebut berhasil memperkecil ketinggalan berawal dari umpan Messi.

Namun waktu tersisa tidak cukup bagi La Albiceleste menyamakan kedudukan dan Prancis pun melenggang sebagai tim pertama yang lolos ke babak 8 Besar. Nantinya, Paul Pogba cs akan menghadapi pemenang antara Uruguay melawan Portugal. (wol/aa/ls/data1)

editor: AUSTIN TUMENGKOL