_
Home / Ragam / Kesehatan / Dahsyatnya Manfaat Jalan Kaki Bagi Kesehatan
Ilustrasi

Dahsyatnya Manfaat Jalan Kaki Bagi Kesehatan

Waspada.co.id – Kesehatan sangat mahal harganya. Jika kita mengingat pada zaman dahulu, akan terbayang para manusia kuat berumur panjang. Nah salah satu rahasianya ialah orang-orang pada masa itu gemar jalan kaki hingga belasan kilo bahkan lebih.

Jika pada era zaman sekarang ini kebiasaan baik tersebut mulai jarang dilakukan. Padahal jalan kaki punya manfaat luar biasa bagi tubuh. Bahkan jika kebiasaan ini rutin dilakukan setiap hari. Efeknya ampuh menjaga kesehatan.

“Rutin jalan kaki membantu seseorang menurunkan stres dan mengurangi risiko terkena penyakit kronis. Jalan kaki secara teratur adalah hal terbaik dan mudah yang dilakukan demi kesehatan,” kata oenulis buku The Docter on Demand Diet, Melina Jampolis.

Nah berikut beberapa manfaat jalan kaki bila anda rutin menjalankannya. mengutip Prevention, Jumat (29/6) lalu.

1. Tingkatkan suasana hati
Riset menunjukkan jalan kaki secara teratur benar-benar berpengaruh terhadap sistem saraf yang berdampak apda berkurangnya tingkat kemarahan dan permusuhan,” kata Jampolis.

Terlebih lagi, saat jalan kaki juga juga bertemu dengan orang lain. Hal ini membuat koneksi sosial terbentuk yang mampu membuat suasana hati jadi lebih bahagia.

2. Ide-ide kreatif mengalir
Saat tak ada ide alias buntu, studi menunjukkan agar Anda bergerak. Dalam Journal of Experimntal Psychology Learning, Memory, and Cognition jalan kaki memicu kreativitas.

3. Perut langsing
Bisa jadi kebiasaan jalan kaki Jokowi yang membuat perutnya jadi tidak buncit. Menurut seorang trainer Ariel Iasevoli, jalan kaki secara teratur membantu memperbaiki respons tubuh terhadap insulin yang bakal mengurangi lemak di perut.

“Berjalan kaki setiap hari meningkatkan metabolisme serta mencegah kehilangan otot, sangat baik dilakukan seiring bertambahnya usia,” katanya.

4. Risiko kena penyakit kronis berkurang
Jalan kaki secara teratur ampuh menurunkan kadar gula darah sehingga risiko terkena diabetes pun menurun. Kata peneliti dari University of Boulder Colorado and the University of Tennessee jalan kaki teratur juga menurunkan tekanan darah yang mampu mengurangi risiko stroke hingga 20-40 persen.

Oleh sebab itu, sebaiknya jika anda tipe yang malas untuk berolah raga. Setidaknya luangkanlah waktu untuk berjalan kaki minimal 30 menit sehari untuk kebaikan diri anda sendiri. Bagaimana, siapkah anda untuk hidup sehat?
(liputan6/ags/data2)

Check Also

Nawal Ajak Semua Pihak Tanggulangi TB di Sumut

MEDAN, Waspada.co.id – Perkembangan Tuberkulosis (TB) masih mengkhawatirkan karena menjadi penyebab kematian kesembilan di dunia, ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.