BNPB: Warga Disekitaran Gunung Merapi Belum Perlu Mengungsi

Erupsi Gunung Merapi (foto: Twitter BPPTKG)
agregasi
agregasi

 

JAKARTA – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menetapkan status Waspada Level 2 pasca Gunung Merapi meletus.

“Status Gunung Merapi masih tetap Waspada (level 2). Di dalam radius 3 km dari puncak Gunung Merapi dilarang ada aktivitas masyarakat,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho kepada Okezone melalui pesan singkat, Jumat (1/6/2018).

Menurut Sutopo, warga tidak perlu mengungsi akibat letusan gunung tersebut. Namun, BNPB meminta masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas di Gunung Merapi.

“Tidak nampak ada kepanikan, karena masyarakat telah belajar dari letusan-letusan yang terjadi sebelumnya, belum perlu ada pengungsian. Masyarakat diimbau untuk tetap tenang,” ujarnya.

merapi

Sutopo menekankan, agar masyarakat tidak termakan isu-isu yang beredar dan tidak terdapat dipertanggung jawabkan mengenai erupsi Gunung Merapi. oleh sebab itu masyarakat tetap mengikuti aparat pemerintahan dan pemerintah daerah.

“Masyarakat agar tidak terpancing isu-isu mengenai erupsi Gunung Merapi yang tidak jelas sumbernya dan tetap mengikuti arahan aparat pemerintah dan pemerintah daerah,” pungkasnya.

“Masyarakat diharap mencermati Informasi yang berkembang melalui akun-akun media terpercaya seperti BPPTKG, BNPB, BMKG, BPBD dan lembaga terkait. Bila terjadi hujan abu gunakan alat pelindung diri (APD) apabila beraktifitas di luar rumah berupa masker, kacamata, jaket, penutup kepala dan alas kaki,” tutupnya.

merapi