_
Home / Medan / Kejatisu: Pemeriksaan KPK Selama 3 Hari
Kasi Penkum Kejati Sumatera Utara, Sumanggar Siagian. (WOL Photo/Lihavez)

Kejatisu: Pemeriksaan KPK Selama 3 Hari

MEDAN, Waspada.co.id – Kasi Penkum Kejatisu, Sumanggar Siagian, mengungkapkan pemeriksaan terhadap mantan anggota DPRD Sumut dan staf oleh penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dilaksanakan selama tiga hari.

“KPK hanya meminjam ruangan di Kejatisu untuk pemeriksaan. Ya, selama tiga hari mereka di Medan,” ungkapnya saat ditemui Waspada Online, Selasa (22/5).

Sumanggar menjelaskan pemeriksaan para saksi yang dilakukan untuk melengkapi berkas 38 tersangka baru kasus suap Mantan Gubsu Gatot Pudjo Nugroho.

“Laporan yang diterima yakni pemeriksaan terhadap 22 saksi untuk 38 tersangka anggota DPRD Sumut,” jelasnya.

Pantauan Waspada tampak beberapa mantan anggota DPRD Sumut periode 2009 hingga 2014 seperti Siti Aminah (PKS), Hanafiah Harahap (Golkar), Satria Yudha, dan beberapa staf menyambangi Kejatisu memenuhi panggilan KPK.

Sementara itu, Febri juru bicara KPK mengatakan sampai saat ini sekitar 150 orang saksi telah diperiksa dalam proses penyidikan. Sekitar 30 anggota DPRD telah mengembalikan uang.

“Kami sedang mengidentifikasi pihak-pihak yang menerima dan bersifat koperatif atau sebaliknya,” sebut Febri.

Febri melanjutkan total pengembalian uang dalam kasus Sumut sejak proses penyidikan terhadap 38 anggota DPRD Sumut adalah Rp3,7 miliar.

“Kami ingatkan kembali, sikap koperatif dan pengembalian uang akan dihargai sebagai faktor meringankan dalam penanganan kasus ini,” pungkasnya. (wol/lvz/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Jokowi: OTT Bupati Sidoarjo dan Komisioner KPU Jadi Bukti Tak Ada Pelemahan KPK

JAKARTA, Waspada.co.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menepis tudingan bahwa UU Nomor 19 Tahun 2019 ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.