_
Home / Sumut / Nelayan Tapteng Harus Dilatih Menghadapi Persaingan Global
WOL Photo/Ist

Nelayan Tapteng Harus Dilatih Menghadapi Persaingan Global

SIBOLGA, WOL – Selain mendorong ikan teri dan ikan asin khas Sibolga untuk go international, Sihar Sitorus pun menilai pentingnya pelatihan dan pembinaan bagi nelayan Tapanuli Tengah. Hal itu dikatakan Calon Wakil Gubernur Sumut itu, saat berkunjung ke wilayah Sibolga dan Tapteng, belum lama ini.

Putra pengusaha terkenal Sumatera Utara DL Sitorus ini juga melihat begitu besar semangat para nelayan untuk maju.

Dengan tagline ‘Semua Urusan Mudah dan Transparan’ menjadikan proses yang harus dijalani seluruh aspek menjadi terpusat. “Memang, pelatihan dan pembinaan dari instansi terkait tetap diperlukan. Pelatihan dan pembinaan ini yang membuat nelayan dan pengrajin tahu bagaimana menghadapi persaingan global dan persiapkan diri agar bisa go international,” pungkasnya.

Dorongan Sihar tersebut pun diamini para nelayan dan pengrajin ikan teri rebus. Salah seorang nelayan dan pengrajin ikan teri rebus, Hasugian, mengaku hal tersebut sudah lama diinginkan mereka. Namun, minimnya perhatian dari pemerintah membuat mereka tidak tahu proses dan akses apa yang harus dilalui untuk go international.

“Kami sangat ingin produk kami ini, ikan teri rebus ini menembus pasar internasional. Kami siap mengikuti seluruh prosesnya. Tapi kami tidak tahu dan tidak pernah mendapat pelatihan dari pemerintah,” ujarnya.

Hasugian mengakui, padahal ikan teri rebus ini sudah dikenal di berbagai daerah. Medan, Pematangsiantar dan sekitarnya, bahkan Jakarta sudah menjadi tujuan pengiriman ikan teri rebus ini. Hal ini pula yang menjadi primadona warga Sibolga dan Tapteng dalam menggerakkan roda perekonomian.

Memang, tambah Hasugian, ada pengrajin yang sudah mengirimkan ikan teri rebus dan ikan asin ke luar negeri, yakni Hongkong. Namun, masih dalam jumlah sedikit. “Kami inginkan pelatihan, bagaimana agar produk kami ini bisa diekspor. Kami siap produk kami ini diuji. Kami siap ikuti seluruh prosesnya dan biaya untuk proses itu,” pungkasnya. (wol/ags/djs/data2)

Editor: Agus Utama

Check Also

Hindari Kemiskinan, Sihar Ajak Penerima PKH Ubah Pola Pikir

TELUK DALAM, Waspada.co.id – Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemenko PMK ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.