_
Home / Medan / Mensos Bantu 500 Warga Kurang Mampu di Tembung
WOL Photo

Mensos Bantu 500 Warga Kurang Mampu di Tembung

MEDAN, WOL – Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin, mendampingi Menteri Sosial (Mensos) Republik Indonesia, Idrus Marham dan Gubernur Sumatera Utara, Erry Nuradi, menyerahkan secara simbolis Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Kantor Kecamatan Medan Tembung, Sabtu (24/2).

Bantuan itu diberikan dalam acara  Penyaluran Bantuan Sosial Non Tunai Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) .  Tercatat, sekitar 500 keluarga kurang mampu menerima bantuan secara simbolis tersebut. Di samping itu juga diberikan bantuan berupa bea siswa kepada anak kurang mampu dari keluarga penerima PKH.

Di hadapan seribuan warga yang menghadiri acara tersebut, Mensos mengatakan, kedatangannya untuk menindaklanjuti perintah Presiden Joko Widodo. Dikatakannya, sebagai Mensos, Presiden telah memintanya untuk keliling Indonesia guna memastikan tidak ada lagi warga miskin atau kurang mampu yang tidak diberi bantuan.

“Bulan Februari ini seluruh bantuan harus sudah tuntas. Artinya harus sudah dibagikan kepada semua warga yang berhak menerimanya. Untuk beras sejahtera (rastra), tahun ini ada perbedaan mengenai besaran beras yang disalurkan. Masing-masing Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sebanyak 10 kg namun tanpa ada pembayaran. Sedangkan periode sebelumnya (tahun lalu) mendapat 15 kg namun disertai pembayaran,” jelasnya.

Oleh karenanya bagi warga yang terdaftar sebagai KPM, Idrus menegaskan agar tidak perlu membayar ketika mengambil rastra tersebut. “Jika ada oknum yang memaksa meminta, segera laporkan kepada Bapak Wali Kota, pasti ditindak. Jadi tidak perlu takut melaporkan apabila ada oknum yang meminta bayaran,” tegasnya.

Sementara itu Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin, sangat mengapresiasi bantuan yang diberikan Pemerintah Pusat bagi warga yang kurang mampu melalui Program Keluarga Harapan (PKH) tersebut. Diharapkannya, PKH dapat membantu warga Kota Medan yang kurang mampu dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.

“Per Desember 2017 jumlah keluarga yang terdaftar untuk mendapatkan PKH sebanyak 29.016 keluarga. Sedangkan  yang mendapatkan bantuan BPNT sebanyak 80.421 keluarga. PKH merupakan program perlindungan sosial dengan memberikan uang tunai kepada rumah tangga kurang mampu berdasarkan persyaratan dan ketentuan yang telah ditetapkan,” ungkapnya.

Dalam jangka pendek, bilang Wali Kota, program ini bertujuan mengurangi beban rumah tangga kurang mampu. Sedangkan jangka panjangnya memutus mata rantai kemiskinan antar generasi, sehingga generasi berikutnya dapat keluar dari perangkat kemiskinan.

“Saya berharap kepada warga penerima bantuan PKH agar dapat memanfaatkan dengan baik. Sehingga derajat kesejahteraan, standar ekonomi dan kualitas hidup penerima bantuan dapat meningkat,” tukasnya.(wol/mrz/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Sidang Korupsi Kadis PU Medan, KPK Hadirkan 7 Orang Saksi

MEDAN, Waspada.co.id – Hari ini, dalam sidang kesaksian yang menjerat Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.