PHRI Sumut dan Gapura Angkasa Teken MoU Mudahkan Layanan Bandara

Denny S Wardhana (empat kiri) berjabat tangan dengan GM Gapura Angkasa Azahari usai menandatangani nota kesepahaman layanan bebas ribet di Bandara Kualanamu, Senin (30/10) kemarin. Layanan tersebut saat ini sudah otomatis berlaku untuk seluruh anggota PHRI Sumut. (WOL Photo)

MEDAN, WOL – Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumut dan PT Gapura Angkasa menandatangani nota kesepahaman mempermudah tamu melewati proses keberangkatan dan kedatangan di Bandara Kualanamu.

Ketua PHRI Sumut Denny S Wardhana dan GM Gapura Angkasa Azhari meneken kesepakatan itu di Garuda Plaza Hotel Medan, Senin (30/10) kemarin. Hadir di situ Sekretaris PHRI Sumut Dewi Juita Purba, para pengurus PHRI, Ketua IHGMA Riswan Surbakti, Ketua Appara Hendra Gunawan, tokoh muda Sumut yang juga pemilik event organizer Sofyan Nasution, para pengurus Asita Sumut dan undangan lainnya.

Sementara Gapura Angkasa juga membawa beberapa pejabatnya termasuk Emir Nasution yang mempresentasikan layanan joumpa (your journay companion). Azhari mengatakan layanan yang disepakati untuk anggota PHRI ini meliputi banyak hal.

Menurut Azhari, layanan ini menawarkan kemudahan penumpang pesawat saat berada di Bandara, melalui beragam product seperti meet and greet, transfer, fast track, hingga baggage selivery Service.

Dia menuturkan fast track adalah layanan untuk penumpang internasional mulai keberangkatan hingga kedatangan. Pelanggan nantinya akan didampingi petugas khusus Joumpa sejak di drop zone terminal keberangkatan, melalui security check point 1, proses check in, pengurusan bagasi, pemeriksaan security check point 2, pemeriksaan imigrasi, penyediaan lounge, hingga ke boarding gate

Begitu pula saat tiba di tempat tujuan, pelanggan akan dijemput petugas khusus sejak turun pesawat, pemeriksaan imigrasi, pengurusan bagasi, penyediaan lounge, pemeriksaan customs, hingga pengaturan dan penyediaan transportasi dan pengantaran bagasai ke alamat pelanggan.

Dia juga mengatakan ada baggage delivery service adalah layanan Joumpa yang dapat dimanfaatkan pelanggan untuk pengurusan bagasi, sehingga pelanggan hanya tinggal menunggu bagasi di tempat tujuan akhir saja.

“Jadi selama ini kan penumpang ada yang tak mau ribet turun dari pesawat, mengurus bagasi sampai stempel passport misalnya. Kami semua siap mendampingi dan dengan kerjasama ini ada tariff khusus kepada anggota PHRI termasuk yang rombongan,” katanya.

Ketua PHRI Sumut Denny S Wardhana mengungkap awalnya Gapura Angkasa menawarkan fasilitas itu ke Garuda Plaza Hotel. “Namun karena melihat ada banyak hotel yang bisa memanfaatkannya lantas saya tawarkan ke seluruh anggota PHRI. Dan pada prinsipnya semua setuju,” jelasnya.

Fasilitas ini penting bagi para tamu hotel yang tidak mau ribet karena sudah langsung diurus oleh Gapura Angkasa. “Bahkan mereka bisa menunggu tamu kita sampai di tangga pesawat,” jelasnya. Atas kondisi itu sesuai tarif yang diberlakukan, anggota PHRI Sumut mendapatkan diskon khusus di jalur fast track tersebut,” tutur Denny.

“Fast assistance untuk international flight dan domestic flight yang harga publishnya masing-masing Rp300 ribu dan Rp150 ribu diturunkan khusus untuk member PHRI,” ungkapnya. Dia mengharapkan dengan layanan yang sudah disepakati akan memudahkan para tamu hotel melintasi bandara.

Sehingga muncul kesan memudahkan para tamu yang pada akhirnya mendorong pertambahan kunjungan wisatawan lokal dan mancanegara untuk datang ke hotel yang ada di Sumut dengan jumlah yang lebih banyak, demikian kata Denny. (wol/ags/min)

Editor: Agus Utama